Bagikan:

JAKARTA - Beberapa gambar unit dummy iPhone SE 4 baru-baru ini dibagikan oleh blog Apple Jepang, Macotakara, yang menunjukkan bentuk yang mirip dengan iPhone 14, seperti yang telah diperkirakan sebelumnya. Blog tersebut juga menyoroti kompatibilitas dengan casing iPhone 14 yang ada dan mengisyaratkan kemungkinan adanya opsi ukuran yang lebih besar—meskipun kemungkinan ini kecil untuk terwujud.

Macotakara secara rutin membagikan unit dummy dari model iPhone yang akan datang, yang sering memberikan gambaran tentang apa yang dapat diharapkan dari iPhone mendatang. Kali ini, mockup tersebut sejalan dengan hampir semua rumor sebelumnya.

Unit dummy memiliki satu kamera belakang, saklar bisu daripada tombol aksi, dan notch yang lebih kecil dengan Face ID di bagian atas. Dimensi dari unit dummy tersebut adalah 146,7mm x 71,5mm x 7,8mm, yang identik dengan iPhone 14 yang ada.

Menurut blog tersebut, casing TPU lunak untuk iPhone 14 pas dengan baik, meskipun potongan untuk kamera tampak berlebihan, karena iPhone 14 memiliki pengaturan kamera ganda, sedangkan iPhone SE 4 yang akan datang hanya memiliki satu kamera.

Mereka juga mencatat bahwa saklar bisu tampaknya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan iPhone 14, meskipun tombol volume dan tombol samping hampir sama.

Opsi Ukuran yang Lebih Besar: Tidak Mungkin

Menurut blog tersebut, terdapat kemungkinan adanya opsi ukuran yang lebih besar, dengan ukuran yang sama dengan iPhone 14 Plus (yang secara keliru disebut sebagai 6,5 inci, padahal sebenarnya berukuran 6,7 inci). Namun, tidak ada laporan sebelumnya mengenai opsi ukuran yang lebih besar untuk iPhone SE 4 yang akan datang. Meskipun hal ini merupakan langkah yang menarik dan telah lama diperkirakan, kemungkinan besar hal itu tidak akan terjadi.

Macotakara mengklaim bahwa “desain dan ukuran akhir belum diputuskan secara presisi,” dan ada “kemungkinan” hanya akan ada satu ukuran.  Secara umum, produk Apple baru yang tidak pernah dirumorkan tidak muncul pada tahap pengembangan yang begitu dekat, dan jika memang ada iPhone SE 4 berukuran lebih besar, sangat tidak mungkin kita baru mengetahuinya untuk pertama kalinya saat ini.

Dengan kata lain, sangat tidak mungkin ada iPhone SE 4 berukuran lebih besar pada saat peluncuran di musim semi mendatang, meskipun ada kemungkinan langka perangkat tersebut diluncurkan jauh setelah model yang lebih kecil.

Terlepas dari apakah akan ada opsi ukuran yang lebih besar atau tidak, iPhone SE 4 diharapkan diluncurkan pada musim semi mendatang dengan layar OLED 6,1 inci, chip A18 dengan dukungan untuk Apple Intelligence, dan sistem kamera belakang tunggal yang menggunakan sensor 48MP yang sama seperti pada iPhone 15. Perangkat ini juga diharapkan menjadi debut modem 5G pertama dari Apple.