Bagikan:

JAKARTA - OpenAI mengumumkan pembuatan Komite Keamanan dan Keselamatan (SSC), yang bertugas membuat rekomendasi mengenai keputusan penting mengenai keamanan dan keselamatan dari model OpenAI yang baru. 

Nantinya, Komite akan melakukan peninjauan selama 90 hari terhadap proses dan perlindungan terkait keamanan dan keselamatan serta model, kemudian membuat rekomendasi kepada seluruh Dewan.  

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pendekatan kami dalam merilis model yang sangat mumpuni dan aman, dan menghargai peran penting yang akan dimainkan Komite Keamanan dan Keselamatan,” tulis perusahaan dalam pengumuman resminya pada Senin, 16 September. 

Komite Keamanan dan Keselamatan akan dipimpin oleh Zico Kolter, Direktur Departemen Pembelajaran Mesin di Sekolah Ilmu Komputer di Universitas Carnegie Mellon, dan termasuk Adam D'Angelo, salah satu pendiri dan CEO Quora. 

Selain itu, ada juga anggota lain seperti pensiunan Jenderal Angkatan Darat AS, Paul Nakasone, dan Nicole Seligman selaku mantan EVP dan Penasehat Umum Sony Corporation. 

Komite baru ini menggantikan Komite Keselamatan dan Keamanan sebelumnya yang dibentuk pada bulan Juni 2024, yang juga melibatkan Altman sebagai salah satu anggotanya.

Komite ini akan mengawasi, antara lain, proses keamanan dan keselamatan yang memandu pengembangan dan penerapan model OpenAI

Adapun lima rekomendasi Komite Keamanan dan Keselamatan terkait tata kelola keamanan perusahaan di antaranya adalah:

  1. Membangun tata kelola independen untuk keselamatan & keamanan
  2. Meningkatkan langkah-langkah keamanan
  3. Menjadi transparan tentang pekerjaan
  4. Berkolaborasi dengan organisasi eksternal
  5. Menyatukan kerangka kerja keselamatan untuk pengembangan dan pemantauan model.