Bagikan:

JAKARTA – YouTube, platform video yang dikenal dengan format panjang, sering menguji fitur baru. Beberapa fitur hanya tersedia untuk penggunaa di versi Beta, tetapi ada juga yang diuji langsung di program eksperimental.

YouTube memiliki program khusus yang disebut Coba Fitur Eksperimental Terbaru untuk para pengguna dengan paket Premium.

Biasanya, YouTube akan menentukan durasi untuk pengujian fiturnya sebelum ditarik dari program eksperimental untuk dikembangkan lagi.

Di halaman Coba Fitur Eksperimental, YouTube menjelaskan bahwa fitur ini hanya bisa digunakan oleh, "anggota Premium yang memenuhi syarat."

Setelah mencoba fiturnya, pengguna bisa memberikan masukan untuk membantu YouTube dalam mengembangkan fiturnya.

Perusahaan itu terakhir kali menambahkan fitur Sleep Timer pada Agustus lalu dan kini masa pengujian fiturnya sudah berakhir.

Meski YouTube belum menambahkan fitur baru, Anda mungkin tertarik untuk mencoba fitur lainnya di masa depan.

Aktifkan Fitur Eksperimental YouTube

Sambil menunggu fitur baru lainnya ditambahkan ke dalam program pengujian eksperimental, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengakses fiturnya. Hal ini tidak sulit dilakukan karena Anda hanya perlu membuka aplikasi YouTube dan mengeklik tab Anda.

Selanjutnya, ketuk ikon roda bergerigi di sudut kanan atas, lalu klik menu Coba Fitur Eksperimental Terbaru. Di halaman tersebut, Anda akan melihat fitur yang bisa dicoba jika memang tersedia.

Perlu diingat Anda harus berlangganan paket Premium untuk melihat fiturnya.