Bagikan:

JAKARTA - Dalam acara YouTube Works Awards 2024, YouTube mengungkapkan bahwa 91 persen orang Indonesia lebih sering menggunakan YouTube Shorts dibandingkan platform video pendek lain setiap bulannya.

“Pengguna Indonesia lebih memilih YouTube karena fleksibilitas format konten, yang memungkinkan mereka menonton video pendek dan melanjutkannya dengan video panjang, mulai dari 10 detik hingga 1 jam tentang topik serupa,” ujar Gaurav Kapoor, Managing Director, Product Specialist Team, Southeast Asia di Google dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, pembicara dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa pada Desember 2023, terdapat lebih dari 25 ribu channel memiliki lebih dari 100 ribu subscriber, dan lebih dari 2.000 channel memiliki lebih dari 1 juta subscriber.

Di sisi lain, YouTube menemukan jumlah jam konten yang diunggah oleh channel YouTube di Indonesia selama satu tahun mengalami peningkatan lebih dari 85 persen dari periode Juni 2023 hingga Juni 2024.

Lebih lanjut, bukan hanya penonton Shorts yang meningkat, platform menonton video milik Google itu juga mengungkap adanya pertumbuhan jumlah penonton YouTube di TV sebanyak empat kali lipat sejak 2021. 

“Semakin banyak penggemar yang menonton kreator favorit mereka di layar TV. Penayangan di Smart TV meningkat empat kali lipat dalam tiga tahun terakhir, memberikan peluang lebih besar bagi brand untuk menjangkau audiens baru," ujar Muriel Makarim, Country Marketing Manager Google Indonesia.