Bagikan:

JAKARTA - Google Search kini mulai menawarkan akses lebih mudah ke versi lama halaman web dengan integrasi tautan ke Wayback Machine dari Internet Archive. Wayback Machine telah lama menjadi alat penting bagi peneliti online yang ingin melihat salinan cache situs web dari waktu ke waktu, bahkan ada yang tersimpan sejak beberapa dekade lalu.

Wayback Machine memungkinkan pengguna untuk melihat arsip konten web dari berbagai waktu. Meskipun tidak selalu sempurna, seperti banyaknya media yang rusak, alat ini tetap menjadi cara yang menyenangkan untuk menjelajahi perubahan situs favorit Anda dalam 10 hingga 20 tahun terakhir.

Menurut laporan dari Internet Archive, Google akan menampilkan tautan ke versi arsip halaman web di hasil pencarian. Pengguna dapat mengakses tautan ini melalui menu "About this Result" dan kemudian memilih "More About This Page." Fitur ini memberikan cara yang lebih praktis untuk melihat halaman yang sudah di-cache tanpa harus membuka situs Wayback Machine secara manual setiap kali.

Selain itu, integrasi ini juga menjadi solusi saat sebuah situs web sedang offline, karena pengguna tetap dapat mengakses salinan terakhir dari halaman yang disimpan di Wayback Machine.

Langkah ini diharapkan memudahkan akses ke catatan historis situs web dan memberikan alternatif ketika Google menghilangkan fitur cache halaman mereka sendiri. Menurut Internet Archive, tautan ke Wayback Machine ini akan mulai muncul di hasil pencarian Google secara global mulai hari ini.