Bagikan:

JAKARTA - iPhone 16 Pro kini dilengkapi dengan modem terbaru dari Qualcomm, yang menawarkan peningkatan signifikan dalam kecepatan 5G. Berdasarkan laporan dari SpeedSmart, iPhone 16 Pro memberikan peningkatan kecepatan unduhan 5G hingga 26% berkat penggunaan modem Qualcomm Snapdragon X75 yang baru.

Hasil uji awal menunjukkan peningkatan kecepatan unduhan rata-rata sebesar 23,7% pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max di tiga operator utama Amerika Serikat. Verizon memperoleh peningkatan terbesar, yakni 26,4% dalam kecepatan 5G, disusul oleh AT&T dan T-Mobile. Peningkatan yang signifikan juga terlihat pada kecepatan unggah di ketiga jaringan tersebut, dengan rata-rata peningkatan 22,1%.

T-Mobile dan Verizon menunjukkan kinerja jaringan yang kuat dengan iPhone terbaru ini, mencapai kecepatan unduhan rata-rata lebih dari 400 Mbps. Kecepatan ini diperkirakan akan terus meningkat seiring perluasan cakupan 5G UC dari T-Mobile dan UW dari Verizon.

AT&T juga mengalami peningkatan kecepatan unduhan 5G sebesar 25,7% dengan iPhone baru ini. Modem Snapdragon X75 tidak hanya meningkatkan kecepatan unduhan tetapi juga unggahan, menjadikan performa keseluruhan jaringan lebih baik.

Selain peningkatan pada modem 5G, semua model iPhone 16 juga mendukung Wi-Fi 7, yang menawarkan latensi lebih rendah dan kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi, mencapai hingga 46 Gbps, lima kali lebih cepat dari generasi Wi-Fi sebelumnya.

Apple diperkirakan akan meluncurkan modem 5G buatan mereka sendiri pada 2025, namun hingga saat ini, mereka masih mengandalkan modem dari Qualcomm untuk perangkat terbarunya.