YouTube Tambahkan Data Penayangan Shorts ke Metrik Jangkauan Total
YouTube memperluas kemampuan alat Analytics untuk Artists, (foto: dok. youtube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube memperluas kemampuan alat Analytics untuk Artists, dengan menambahkan data penayangan Shorts ke metrik Jangkauan Total.

Pembaruan itu akan memberikan seluruh data kepada Artists dan timnya tentang bagaimana musik mereka menjangkau penonton di platform milik Google itu.

Sebelumnya, metrik Jangkauan Total hanya menyertakan konten resmi yang diupload oleh Artists dan video berdurasi panjang yang diupload oleh penggemar.

Perusahaan mengatakan metrik baru yang diperbarui akan menunjukkan berapa banyak orang yang dijangkau oleh musik Artists tersebut di semua format.

Pada Januari 2023, video Shorts buatan penggemar meningkatkan rata-rata penonton Artists dari penonton unik hingga lebih dari 80 persen.

"Artinya, penggemar di Shorts hampir menggandakan jangkauan total artis, sehingga artis dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan yang terbaik, (misalnya) membuat musik yang bagus," ungkap Global Head of Music YouTube, Lyor Cohen dalam unggahan blog resmi perusahaan, dikutip Senin, 3 April.

Lebih lanjut, rata-rata Artists yang aktif di Shorts juga melihat lebih dari 50 persen pelanggan baru di saluran mereka datang langsung dari postingan fitur video pendek tersebut.

Selain itu, YouTube juga meluncurkan bagian Songs baru di Analytics untuk membantu Artists melihat bagaimana penggemar mendengarkan musik mereka atau berkreasi dengannya, di semua format video, semuanya di satu tempat.

Artists akan melihat lagu teratas mereka dari 28 hari terakhir dan lagu yang paling banyak digunakan di Shorts. Cohen menuturkan, Shorts adalah hidangan pembuka.

"Mereka adalah titik masuk, mengarahkan penggemar untuk menemukan kedalaman katalog Artists, termasuk video musik, wawancara, pertunjukan langsung, video lirik, dan banyak lagi. LihatRema dan Selena Gomez menang besar dengan memanfaatkan semua format video yang tersedia di YouTube," ujar Cohen.

"Setelah mereka melampaui 60 juta penonton unik untuk video musik resmi dan Shorts for Calm Down, penggemar mengupload Shorts yang menampilkan lagu mereka, meningkatkan jumlah penayangan, menambahkan 350 juta penonton unik pada bulan Januari, meningkat lebih dari 500 persen," sambungnya.

Terakhir, Cohen menegaskan dunia multi-format membutuhkan standar kesuksesan multi-format,"Dan itulah sebabnya kami mendefinisikan ulang arti jangkauan bagi Artists di YouTube," tutur Cohen.