Bagikan:

JAKARTA – Spotify Connect merupakan fitur yang dirancang khusus untuk mengontrol pemutaran musik di perangkat lain dalam jarak jauh. Fitur ini seharusnya mempermudah mudah pengguna, bukan mempersulitnya.

Namun, baru-baru ini Spotify Connect di perangkat iOS kehilangan kontrol volume dan Apple dianggap sebagai penyebabnya. Spotify, mengutip dari TechCrunch, mengatakan bahwa mereka telah mengajukan permintaan kontrol volume yang sama seperti aplikasi bawaan Apple.

Permintaan ini tidak diterima oleh Apple. Pengembang iOS itu menyuruh Spotify untuk mengembangkan fitur khusus yang dapat mengintegrasikan aplikasi mereka ke HomePod. Dengan integrasi ini, Spotify Connect bisa mengendalikan volume secara langsung di iPhone.

Sederhananya, Spotify tidak bisa menggunakan teknologi yang sama dengan Apple Music di iOS. Keputusan Apple dianggap mempersulit Spotify karena perusahaan besar lainnya, seperti Google dan Samsung, tidak melakukan tindakan serupa meski memiliki teknologi yang sama.

Apple dianggap telah melanggar Undang-Undang Pasar Digital (DMA) Uni Eropa pasal 6(7) yang menyatakan bahwa gatekeeper harus mengizinkan interoperabilitas yang efektif ke fitur atau perangkat lunak yang sama tanpa pungutan biaya apa pun.

Dengan munculnya masalah di kontrol volume ini, pengguna tidak bisa lagi menggunakan tombol fisik untuk volume di sisi iPhone. Pengguna Spotify di iOS akan diarahkan untuk menggeser volume di menu Spotify Connect yang ada di dalam aplikasi.

Pengguna juga bisa menekan tombol volume di sisi iPhone, tetapi aplikasi Spotify harus dalam keadaan terbuka. Cara ini menjadi jauh lebih rumit dari sebelumnya dan merupakan kemunduran besar bagi Spotify Connect. Perlu diingat bahwa masalah ini hanya terjadi di iOS.