Bagikan:

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika baru, pada Senin, 19 Agustus di Istana Negara. 

Meski demikian, pengangkatan Angga tidak akan menggantikan posisi Nezar Patria sebagai Wamenkominfo, melainkan kedua Wakil tersebut akan bersama-sama bekerja dengan Menkominfo Budi Arie Setiadi. 

Dalam pelantikan tersebut, Angga bersama dengan tiga Menteri baru Kabinet Indonesia Maju berjanji untuk menjalankan tugasnya sebagai Wamenkominfo sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara  bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan mengunjungi tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan prasa penuh tanggung jawab,” janji Angga semua Menteri yang baru saja dilantik. 

Siapa Angga Raka Prabowo? 

Sebelumnya Angga merupakan tangan kanan dari Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Angga sendiri sudah bersama dan bergabung bersama Gerindra sejak 2008. 

Bahkan, di Gerindra, Angga menduduki posisi sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) sekaligus Ketua Badan Komunikasi. Dia juga disebut memiliki sebuah koran berbahasa Inggris yang disebut Independent Obersver.

Selain melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Jokowi juga melantik tiga Menteri baru lainnya, yaitu:

  • Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
  • Bahlil Lahadalia sebagai menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) 
  • Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham)