Bagikan:

JAKARTA – Backyard Worlds: Planet 9, proyek sains warga yang didanai NASA, menemukan objek yang bergerak dengan sangat cepat di antariksa. Saking cepatnya, objek ini bisa lepas dari gravitasi di galaksi Bima Sakti.

Objek ini pertama kali ditemukan beberapa tahun lalu oleh tiga ilmuwan warga di Backyard Worlds, yaitu Martin Kabatnik, Thomas P. Bickle, dan Dan Caselden. Ketiganya melihat objek redup yang bergerak cepat dan tertangkap radar Wide Field Infrared Explorer (WISE).

Objek yang diberi nama CWISE J124909.08+362116.0 ini diamati lebih lanjut oleh para ilmuwan. Mereka menggunakan teleskop berbasis darat lainnya hingga objek tersebut berhasil dikarakterisasi dan dikonfirmasi kehadirannya.

Hasil pengamatan selama beberapa tahun menunjukkan bahwa CWISE J1249 melesat keluar dari galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 1 juta mil per jam. Objek astronomi ini terlihat lebih menonjol karena massanya yang sangat rendah sehingga sulit untuk diklasifikasikan.

"Saya tidak dapat menggambarkan tingkat kegembiraannya," kata Kabatnik, Ilmuwan Backyard Worlds yang berasal dari Jerman. "Ketika saya pertama kali melihat seberapa cepat benda itu bergerak, saya yakin benda itu pasti sudah dilaporkan."

Ada kemungkinan, CWISE J1249 adalah bintang kecil dengan massa yang rendah. Jika para ilmuwan menemukan hidrogen yang tidak dipadukan secara stabil di intinya, objek ini akan dianggap sebagai katai cokelat, sub-bintang dengan massa di antara planet gas raksasa dan bintang.

Belum ada bukti yang bisa menjelaskan mengapa objek ini bisa bergerak dengan sangat cepat. Namun, ketiga ilmuwan sudah membuat hipotesis yang menjelaskan bahwa CWISE J1249 awalnya merupakan bagian dari sistem biner di katai putih.

Bintang ini meledak dan menjadi supernova, tetapi menarik terlalu banyak material dari pasangannya. Hipotesis lainnya menjelaskan bahwa objek ini berasal dari gugusan bintang dan tidak sengaja bertemu dengan sepasang lubang hitam sehingga terlempar sangat jauh.

Kedua hipotesis ini masih perlu dibuktikan. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai CWISE J1249, termasuk unsur di dalamnya, para ilmuwan warga di Backyard Worlds akan mengamati objeknya lebih lanjut.