Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat pemerintahan baru yang modern dan berkelanjutan.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menyoroti arti penting peran teknologi dan transformasi digital dalam pembangunan IKN. 

Budi menegaskan bahwa IKN tidak hanya akan menjadi pusat pemerintahan, tetapi juga pionir kota cerdas (smart city) yang berkelanjutan.

Adapun implementasi konsep smart city di IKN yang dimaksud Menkominfo itu mencakup adaptasi teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari layanan publik hingga pengelolaan lingkungan. 

Infrastruktur telekomunikasi yang kuat, termasuk jaringan internet berkecepatan tinggi dan teknologi canggih seperti Internet of Things (IoT), juga akan menjadi fondasi bagi IKN sebagai kota cerdas.

“Kita ingin memberikan pelayanan publik yang lebih efisien dan berkelanjutan. Teknologi 5G juga akan menjadi tulang punggung sistem smart city di IKN,” jelas Menkominfo dalam siaran resminya. 

Lebih lanjut, Menteri Budi Arie menekankan kembali komitmen Kementerian Kominfo untuk mendukung pembangunan infrastruktur digital di IKN. 

“Kominfo akan berupaya agar pembangunan IKN tidak hanya menciptakan pusat pemerintahan baru yang efisien, tetapi juga menjadi model kota masa depan yang cerdas, terhubung, dan berkelanjutan,” tandasnya.