Bagikan:

JAKARTA - Apple sedang mempersiapkan desain besar pertama untuk Mac mini sejak 2010, menurut laporan terbaru dari Bloomberg. Mac mini baru ini dijadwalkan rilis akhir tahun ini dan akan menjadi “jauh lebih kecil dari pendahulunya” dengan bentuk baru yang mirip dengan Apple TV.

Mac mini baru ini akan tersedia dalam dua konfigurasi, yaitu dengan chip M4 dan chip M4 Pro. Apple dikabarkan telah menguji model dengan “setidaknya tiga port USB-C di bagian belakang” bersama dengan kabel daya dan port HDMI. Versi M4 Pro dari Mac mini juga akan dapat dikonfigurasi dengan RAM lebih banyak dan grafis yang lebih kuat.

Laporan tersebut menjelaskan bahwa meskipun jejak keseluruhan Mac mini baru akan lebih kecil, perangkat ini mungkin akan sedikit lebih tinggi dari model saat ini, yang memiliki tinggi 1,4 inci.

Berikut dimensi saat ini dari Apple TV 4K:

  • Tinggi: 1,2 inci (31 mm)
  • Lebar: 3,66 inci (93 mm)
  • Kedalaman: 3,66 inci (93 mm)

Dimensi Mac mini saat ini:

  • Tinggi: 1,41 inci (3,58 cm)
  • Lebar: 7,75 inci (19,70 cm)
  • Kedalaman: 7,75 inci (19,70 cm)

Orang-orang yang terlibat dalam pengembangan Mac mini baru mengatakan bahwa perangkat ini pada dasarnya adalah iPad Pro dalam bentuk kotak kecil — pendekatan yang memanfaatkan kebutuhan daya yang lebih rendah dari silikon buatan perusahaan.

Mac mini saat ini mulai dari  599 dolar AS (Rp9,5 juta), dan meskipun model baru mungkin lebih murah untuk diproduksi, belum jelas apakah perusahaan akan meneruskan penghematan ini kepada konsumen.

Mac mini saat ini tersedia dalam konfigurasi M2 dan M2 Pro dan terakhir diperbarui pada awal 2023.

Laporan hari ini juga menegaskan bahwa Apple diperkirakan akan memperbarui seluruh lini Mac-nya dengan chip M4 selama tahun depan. Peralihan ini akan dimulai akhir tahun ini dengan Mac mini, iMac, dan MacBook Pro. Pada 2025, Mac Pro, Mac Studio, dan MacBook Air diharapkan akan beralih ke chip M4.