Bagikan:

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berupaya untuk mengadopsi Artificial Intelligence (AI) dan teknologi terbaru lainnya untuk meningkatkan kualitas dan manfaat produk-produk layanannya. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa saat ini, AI merupakan sebuah teknologi terbaru yang cukup seksi untuk dibahas, karena pemanfaatannya yang begitu luas.

“Kecanggihan kecerdasan buatan (AI) memang tidak perlu diragukan lagi. Karena itu kita perlu paham cara pemanfaatannya sehingga apa yang disediakan oleh teknologi bisa bermanfaat bagi kita," ujar Gede dalam gelaran Technology Days 2024 di XL Axiata Tower dikutip dari siaran resminya pada Kamis, 8 Agustus.

Gede pun menambahkan, bahwa XL Axiata sudah menerapkan teknologi AI di beberapa bagian termasuk, chatbots dan virtual assistant untuk layanan pelanggan, optimisasi jaringan, deteksi penipuan, cyber security, optimasi layanan dan automasi layanan pelanggan.

Perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi itu pun turut memamerkan penerapan teknologi AI yang mereka miliki di acara tersebut guna mengedukasi dan menginspirasi terkait bagaimana AI dapat mendukung keberlanjutan bisnis.

Pada acara ini juga XL Axiata membahas mengenai strategi keberlanjutan dengan AI Automation. Adopsi AI secara umum dapat berkontribusi dalam pencapaian target-target sustainability yang meliputi efisiensi penggunaan energi, pengelolaan limbah, pemantauan jejak karbon, manajemen smart building, rantai pasok berkelanjutan, juga integrasi energi terbarukan dan keberlanjutan berbasis data.

"Masa depan pekerjaan, AI  dan keberlanjutan adalah topik yang saling terkait, dimana keberlanjutan menjadi fokus utama saat ini dari pelaku bisnis dan juga pemerintah," kata Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Karena menurut Yessie, Teknologi AI dapat digunakan untuk memonitor dan mengelola dampak lingkungan. "Misalnya AI dapat digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan energi, memprediksi dan memitigasi dampak perubahan iklim dan meningkatkan sistem pengelolaan limbah," pungkasnya.