Layanan Gmail Bermasalah, Google Sarankan <i>Update</i> Aplikasi di Play Store
Ilustrasi Google bermasalah (dok. Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan Google, beberapa kali sempat mengalami gangguan. Tak sedikit pengguna di seluruh dunia yang tak bisa mengakses aplikasi seperti Gmail hingga YouTube. 

Tak terkecuali pengguna Android, yang mengeluhkan ponsel mereka mengalami 'crash' ketika ingin menampilkan konten web dari Google Chrome. Dilansir dari The Verge, masalah ini disebabkan error pada Android System WebView

Untuk mengatasi masalah itu, Google telah menggulirkan update sistem yang mengharuskan pengguna memperbarui tampilan web ke versi 89.0.4389.105. Update Chrome versi terbaru sudah tersedia di Google Play Store. 

"Kami mengetahui ada masalah dengan WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android bermasalah untuk sejumlah pengguna. Kami saat ini sedang berusaha memvalidasi dan perbaikan sedang berlangsung," kata Google dalam sebuah pernyataannya. 

Masalah pada sistem ini menyebabkan dasbor Google Workspace untuk Gmail tak bisa diakses. Google menyarankan untuk menggunakan antarmuka desktop hingga masalah teratasi.

Melansir laman DailyExpress, pengguna Android berbondong-bondong mencurahkan keluhannya di Twitter. Kebanyakan pengguna melaporkan bahwa Gmail secara otomatis tertutup setelah dibuka, ada pula yang tidak bisa membuka aplikasi Youtube.