Trafik Jaringan XL Naik Selama Sepekan <i>Work and Study from Home</i>
(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusan bersama dengan Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih (dok. XL Axiata)

Bagikan:

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mencatat lonjakan kenaikan trafik data yang cukup signifikan, sepanjang pemberlakuan bekerja dan belajar dari rumah guna meminimalisir penularan virus COVID-19. Setidaknya kenaikan pengguna internet XL naik 10 persen dari pemakaian rata-rata di hari normal.

Plt. Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan kenaikan trafik layanan XL Axiata mencapai 10 hingga 15 persen di saat jam-jam sibuk, antara pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Padahal umumnya, lonjakan trafik semacam ini terjadi saat libur Lebaran atau Natal dan Tahun Baru.

"Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15 persen dibanding hari biasa. Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah," kata I Gede dalam siaran press streamingnya. 

Selain untuk keperluan produktivitas dan belajar dari rumah, XL juga mencatat kenaikan trafik internet di pada layanan hiburan. XL mencatat trafik data penggunanya berasal dari akses Netflix dan aplikasi permainan semacam Mobile Legends.

“Untuk Netflix ini puncaknya di sore ke malam hari, mungkin saat orang sudah lelah bekerja atau belajar mereka kemudian nonton Netflix,” tambah Gede. 

Dalam pantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center XL, akses pengguna ke platform belajar online seperti Google Class Room dan RuangGuru juga meningkat cukup drastis. Terlebih XL Axiata memang telah memberikan kuota data 2 GB gratis setiap hari untuk mengakses sejumlah layanan pendidikan.

Trafik data juga terjadi bagi pengguna media sosial. di mana masyarakat dan pelanggan banyak memantau perkembangan dan informasi terkait wabah Covid-19, baik di Facebook, Instagram, YouTube dan Twitter serta website-website yang menyediakan informasi seputar Covid-19.

Seiring dengan terus menyebarnya virus Covid-19 ke berbagai daerah, XL Axiata juga siap menjaga performa jaringan di seluruh wilayah layanan. Beberapa langkah di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar.