Trafik Data XL Axiata Naik 37 Persen pada Masa Libur Lebaran 2023
BTS (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (EXCL) mencatat sepanjang masa libur Hari Raya Idulfitri 1444 H, antara 19 April hingga 27 April 2023 terjadi peningkatan trafik penggunaan data sebesar 37 persen.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi.

“Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” katanya di Jakarta, Minggu, 30 April.

Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama periode Libur Lebaran, sambung Gede, trafik layanan didominasi oleh file access (Whatsapp, Facebook, Instagram File Access) mencapai 36 persen, Instan Messaging 33 persen, Games 11 persen dan Streaming yang mencapai 10 persen, serta layanan lainnya mencapai 9 persen.

Untuk layanan streaming video juga mengalami kenaikan, seperti Netflix mencapai 36 persen, Disney Hotstar 22 persen, TikTok 12 persen dan YouTube naik 5 persen.

“Sedangkan untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen. Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55 persen, Twitter 15 persen dan Meta (Facebook) 4 persen,” jelasnya.

Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75 persen dibanding hari normal.

Wilayah Kenaikan Trafik Layanan

Gede mengatakam jika dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 27 persen, Jawa Barat 19 persen, dan Jawa Timur 17 persen.

“Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12 persen, Sumatera Selatan 15 persen, Kalimantan 10 persen, Sulawesi 6 persen, Bali-NTB-NTT 10 persen,” ucapnya.

Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62 persen, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49 persen, dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48 persen.

“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan selama libur lebaran terlihat turun sebesar 6 persen dibanding hari biasa. Data-data trafik di Jabodetabek tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran,” jelasnya.

Gede menjelaskan data monitoring XL Axiata juga mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke propinsi lain, yaitu sekitar 35 persen.

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa libur Lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat dibandingkan hari normal.

“Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan,” jelasnya.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61.000 desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145.000 BTS termasuk lebih dari 90.000 BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130.000 km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.