Bagikan:

JAKARTA -Google Photos sedang menerapkan perubahan yang memindahkan Folder Terkunci ke bagian atas untuk akses yang lebih mudah. Meskipun menempatkan solusi penyimpanan aman ini di posisi yang lebih menonjol dapat mendorong penggunaannya, perubahan ini juga dapat mengundang kekhawatiran privasi.

Perubahan ini ditemukan oleh 9to5Google dalam versi 6.89 aplikasi Photos untuk Android dan juga muncul di iOS. Google telah mengubah antarmuka aplikasinya dengan menggantikan tombol Utilities di bagian atas tab Library dengan tombol yang menarik Folder Terkunci.

Sebelumnya, mengakses gambar yang diamankan dengan Folder Terkunci memerlukan navigasi melalui layar Utilities itu sendiri. Google telah memperbarui dokumentasi dukungan Folder Terkunci untuk mencerminkan alur kerja baru ini.

Meskipun perubahan ini relatif kecil, penyesuaian ini diharapkan membuat lebih banyak pengguna sadar akan Folder Terkunci, termasuk mereka yang mungkin tidak mengetahui atau belum memanfaatkan fungsi penyimpanan aman ini. Mengingat betapa seringnya pengguna menyerahkan ponsel kepada orang-orang yang mereka percaya dengan beberapa informasi — tetapi mungkin tidak semuanya — ini bisa menjadi salah satu alat keamanan yang lebih banyak digunakan.

Namun, perubahan ini memiliki dua sisi. Menyembunyikan Folder Terkunci di bawah beberapa submenu memiliki kelebihannya, dan menempatkannya di posisi yang lebih menonjol berarti eksistensinya tidak lagi menjadi rahasia umum. Bagaimanapun, ini adalah tempat untuk menyembunyikan rahasia pengguna.

Sementara Google menyoroti Folder Terkunci, aplikasi Photos terus menguji desain ulang yang lebih luas yang mengubah tab Library menjadi Collections. Meskipun kontroversi mengelilingi perubahan tersebut, setidaknya telah dikonfirmasi bahwa Folder Terkunci mulai muncul di bagian atas layar Collections.