Bagikan:

JAKARTA - Consensys, baru-baru ini mengumumkan akuisisi Wallet Guard, sebuah ekstensi browser yang fokus pada perlindungan aset digital dari pencurian dan penipuan. Langkah ini bertujuan untuk mengintegrasikan fitur keamanan Wallet Guard ke dalam Metamask, dompet digital yang populer di kalangan pengguna kripto.

Akuisisi ini terjadi di tengah tantangan keamanan yang terus-menerus di ekosistem Web3, di mana penipuan dan peretasan menyebabkan kerugian finansial yang signifikan. Menurut laporan kejahatan 2024 oleh Chainalysis, lebih dari 1,7 miliar Dolar AS (sekitar Rp27,8 triliun) bentuk aset kripto dicuri melalui penipuan pada tahun 2023. Consensys berencana memanfaatkan mesin keamanan canggih Wallet Guard untuk memperkuat mekanisme pertahanan Metamask terhadap ancaman semacam itu.

Dikutip dari Bitcoin.com News, Joe Lubin, salah satu pendiri Ethereum dan CEO Consensys, menekankan bahwa integrasi Wallet Guard akan meningkatkan kemampuan keamanan Metamask. Ini termasuk peningkatan deteksi penipuan dan validasi transaksi untuk melindungi pengguna dari aktivitas jahat.

“Wallet Guard dengan cepat menjadi alat keamanan utama dengan kemampuan canggih dan inovasi yang terus-menerus yang sejalan dengan tujuan Consensys untuk menempatkan keselamatan pengguna di garis depan. Kami sangat senang menyambut mereka ke tim kami,” ujar Lubin.

BACA JUGA:


Perusahaan blockchain tersebut juga mencatat bahwa Metamask akan mendapat manfaat dari keahlian Wallet Guard dalam perlindungan real-time dan plugin yang meningkatkan keamanan. Kolaborasi ini bertujuan untuk membangun beberapa lapisan keamanan, sehingga semakin sulit bagi penipu untuk berhasil.

Consensys juga mengungkapkan bahwa kemitraan yang sedang berlangsung dengan perusahaan keamanan lainnya akan terus memastikan cakupan ancaman yang komprehensif. "Integrasi Wallet Guard ini adalah langkah signifikan ke arah yang benar,” tambah Lubin.

Langkah strategis ini dipandang sebagai upaya Consensys untuk memperkuat ekosistem Web3 yang lebih aman dan terpercaya. Dengan meningkatnya insiden keamanan di dunia kripto, pengguna semakin membutuhkan solusi yang dapat diandalkan untuk melindungi aset digital mereka.

“Ini adalah kabar baik bagi semua pengguna Metamask. Keamanan tambahan ini akan memberikan ketenangan pikiran dan kepercayaan diri dalam bertransaksi,” kata seorang pengguna kripto di Jakarta. “Kami berharap Consensys terus berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur keamanan yang lebih baik lagi.”