Bagikan:

JAKARTA -  Presiden AS Joe Biden dan mantan presiden Donald Trump dijadwalkan bertemu untuk debat di studio CNN di Atlanta pada pukul 21:00 ET pada  27 Juni. Jika debat ini jadi dilaksanakan, ini  akan menjadi  pertama kali kandidat mengabaikan Komisi Debat Presiden untuk mengatur waktu dan tempat sesuai keinginan mereka.

Baik Biden maupun Trump belum secara resmi menerima nominasi untuk menjadi kandidat dari Partai Demokrat dan Republik pada saat debat tersebut. Namun demikian, survei menunjukkan bahwa — kecuali ada kejadian tak terduga — keduanya kemungkinan besar akan menjadi kandidat utama dalam pemilihan 2024.

Retorika  Kripto

Banyak pengguna kripto di saluran media sosial mengatakan bahwa mereka berharap kripto akan disebutkan dalam debat tersebut. Moderator Jake Tapper dan Dana Bash mungkin akan menanyakan pertanyaan terkait, atau salah satu dari kedua kandidat mungkin akan membahas subjek tersebut secara spontan — meskipun ada aturan untuk memastikan mikrofon Trump dan Biden dimatikan kecuali saat giliran mereka berbicara.

Setelah mengalahkan kandidat Republik lainnya dengan banyak kebijakan pro-kripto, Trump mengumumkan bahwa kampanyenya akan menerima kontribusi dalam aset digital dan berencana untuk menambang semua Bitcoin yang tersisa di Amerika Serikat. Posisi ini merupakan perubahan signifikan dari terakhir kali Trump menghadapi Biden di panggung debat pada tahun 2020.

Saat menjabat, Trump mengatakan kepada Menteri Keuangannya untuk "mengejar" Bitcoin dan menyebut mata uang kripto "bukan uang" dan "berdasarkan angin kosong." Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan pandangan mantan presiden terhadap kripto menunjukkan bahwa ia mungkin menggunakan kripto sebagai alat politik dan mungkin tidak mendukung teknologi tersebut jika terpilih kembali.

"Apa yang kita lihat sekarang adalah, kemungkinan, debat presiden pertama di mana kripto muncul sebagai pertanyaan," kata Diogo Mónica, co-founder Anchorage Digital dalam wawancara dengan Bloomberg pada 26 Juni. "Itu akan luar biasa."

Strategi Biden terhadap Kripto

Sejak menjabat pada Januari 2021, Presiden Biden telah menominasikan Gary Gensler sebagai ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Banyak yang mengkritik catatan SEC tentang tindakan penegakan hukum terhadap perusahaan kripto di bawah Gensler, mengklaim bahwa tidak ada aturan yang jelas.

Presiden Biden juga secara pribadi mengambil tindakan anti-kripto selama menjabat. Ia menandatangani perintah eksekutif untuk membentuk kerangka kerja regulasi tentang kripto dan membuat pernyataan yang mengkritik konsumsi energi aset digital. Pada tahun 2024, Presiden AS mengumumkan dan melaksanakan veto terhadap resolusi untuk membatalkan aturan akuntansi SEC tentang bank dan kripto.

Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa Presiden AS sedang menjajaki kemungkinan menerima kontribusi kripto untuk kampanye pemilihannya kembali. Ia juga mungkin mempertimbangkan untuk menghadiri meja bundar dengan pemimpin kongres untuk membahas aset digital. Beberapa ahli menyarankan bahwa pendekatan ini mungkin lebih efektif dibandingkan dengan pernyataan Trump yang berubah-ubah tentang NFT dan penambangan.

“Kampanye Biden harus menyoroti profesionalisme Presiden Biden sebagai kontras dengan kejenakaan Trump,” kata Moe Vela, mantan penasihat Biden saat menjadi Wakil Presiden. “Meskipun kecil kemungkinan moderator akan membahas mata uang kripto dalam debat pertama ini, mereka seharusnya melakukannya. Kripto bukan hanya isu ekonomi dan keuangan yang signifikan, tetapi juga mewakili segmen besar pemilih milenial, Gen Z, dan profesional muda. Hasil pemilihan ini bisa bergantung pada komunitas kripto.”

Kampanye Komunitas Kripto

Stand With Crypto, sebuah kelompok advokasi cryptocurrency yang diluncurkan oleh Coinbase, telah memulai kampanye untuk meminta CNN menyertakan setidaknya satu pertanyaan terkait aset digital dalam debat tersebut. 

"Memberikan kesempatan kepada kandidat Presiden utama untuk menimbang teknologi transformasional ini dalam debat pertama akan sangat membantu dalam mendidik pemilih dan membantu pemilik kripto Amerika memberikan suara yang terinformasi," kata mereka.

Hari Pemilihan di Amerika Serikat akan berlangsung pada 5 November. Trump juga menghadapi sidang hukuman pada 11 Juli setelah dinyatakan bersalah atas 34 dakwaan kejahatan di New York. Belum jelas apakah masalah hukum mantan presiden tersebut — dinyatakan bersalah atas penyerangan seksual dan penipuan terkait bisnisnya, serta dakwaan kejahatan — akan mempengaruhi nominasinya di Konvensi Nasional Republik pada bulan Juli.

Debat Biden-Trump akan berlangsung selama 90 menit dengan dua jeda iklan. Tidak akan ada penonton studio.