Bagikan:

JAKARTA - Sebuah serikat yang mewakili kru film dan televisi Hollywood pada Selasa 25 Juni mengumumkan telah mencapai kesepakatan sementara selama tiga tahun dengan studio-studio besar yang mencakup kenaikan upah yang disepakati dan pengaturan terhadap penggunaan kecerdasan buatan (AI).

Anggota International Alliance of Theatrical Stage Employees (IATSE), yang meliputi teknisi pencahayaan dan desainer kostum, akan meratifikasi kesepakatan tersebut dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP), yang mewakili Disney, Netflix, dan lainnya.

Syarat-syarat kesepakatan tersebut mencakup kenaikan tarif skala sebesar 7%, 4%, dan 3,5% selama tiga tahun, kata serikat tersebut.

Terkait AI, kesepakatan tersebut mencakup "bahasa yang memastikan tidak ada karyawan yang diwajibkan memberikan prompt AI dengan cara apa pun yang akan mengakibatkan penggantian karyawan yang dicakup."

Pada akhir 2023, serikat aktor SAG-AFTRA dan studio-studio mencapai kesepakatan tenaga kerja yang mengakhiri sengketa selama hampir enam bulan yang telah menghentikan produksi film dan TV.

Kontrak tersebut juga memberikan kenaikan upah dan bonus streaming yang dikatakan oleh para pemimpin serikat berjumlah lebih dari 1 miliar dolar AS (Rp16,4 triliun) selama tiga tahun, serta perlindungan terkait penggunaan AI dalam pembuatan film.