Debat Sengit Penggunaan AI dalam Industri Hiburan: Ketakutan Aktor akan Aktor Sintetis
Serikat SAG-AFTRA yang mewakili para aktor dan profesional media ikut bergabung dalam mogok bersama para penulis naskah. (foto: twitter @sagaftra)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak Juni lalu, studio-studio Hollywood dan para aktor telah memperdebatkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam film dan televisi. Ketidaksepakatan mengenai penggunaan AI menjadi salah satu alasan mengapa serikat SAG-AFTRA yang mewakili para aktor dan profesional media ikut bergabung dalam mogok bersama para penulis naskah. Ini  merupakan mogok serentak pertama dalam 63 tahun terakhir.

Salah satu ketakutan terbesar para aktor adalah tentang kehadiran aktor sintetis.

Selama perundingan antara kedua pihak, mereka membahas masalah mulai dari penggunaan gambar dan penampilan sebagai data pelatihan untuk sistem AI hingga penyuntingan digital terhadap penampilan di ruang penyuntingan. Para aktor khawatir bahwa aktor yang dibuat sepenuhnya oleh AI, atau yang dikenal sebagai "metahuman," akan mencuri peran mereka.

"Jika penggunaan AI untuk menggantikan para aktor bukanlah masalah besar, maka tak ada alasan bagi mereka untuk tidak mencantumkannya dalam kontrak dan memberi kami ketenangan pikiran," ujar Carly Turro, seorang aktris yang pernah tampil dalam serial televisi seperti "Homeland," yang ikut berunjuk rasa pekan ini. "Kenyataan bahwa mereka tidak mau melakukannya sangat menakutkan jika kita memikirkan masa depan seni dan hiburan sebagai karier."

Salah satu masalah lainnya adalah penciptaan aktor sintetis dari gabungan gambar aktor-aktor. Sumber dari studio menyatakan bahwa hal ini belum terjadi, meskipun mereka berusaha untuk mengamankan hak tersebut sebagai bagian dari perundingan kontrak.

Negosiator utama SAG-AFTRA, Duncan Crabtree-Ireland, mengatakan bahwa AI menimbulkan "krisis eksistensial" bagi para aktor yang khawatir pekerjaan masa lalu, sekarang, dan masa depan mereka akan digunakan untuk menciptakan "aktor sintetis yang dapat menggantikan posisi mereka."

Crabtree-Ireland mengatakan bahwa serikat tidak mencari larangan mutlak terhadap AI, tetapi ingin perusahaan-perusahaan konsultasi dan meminta persetujuan dari serikat sebelum mencasting aktor sintetis sebagai pengganti seorang aktor.

Para produser film dan televisi besar menyatakan bahwa mereka telah menanggapi kekhawatiran serikat mengenai masalah ini dalam proposal terbaru mereka, menurut sumber yang akrab dengan masalah ini. Namun, serikat hingga kini belum merespons proposal mereka, kata sumber-sumber dari studio.

Para studio, yang berkeinginan untuk menjaga opsi kreatif, menyetujui untuk memberi tahu SAG jika mereka berencana untuk menggunakan aktor sintetis untuk menggantikan seorang aktor manusia yang seharusnya dipekerjakan untuk peran tersebut, dan memberikan kesempatan kepada serikat untuk bernegosiasi, menurut sumber yang akrab dengan posisi para produser.

REPILIKA DIGITAL

Sengketa lain dalam perundingan adalah penciptaan replika digital dari para pemeran latar.

Para produser dari studio-studio besar, yang diwakili oleh Alliance of Motion Picture and Television Producers, mengatakan bahwa mereka akan memperoleh izin dari seorang aktor untuk menggunakan replika digital mereka dalam film di luar produksi untuk yang aktor tersebut dipekerjakan, menurut sumber-sumber yang akrab dengan proposal para produser.

Para produser mengatakan bahwa mereka akan bernegosiasi dengan para aktor mengenai pembayaran saat replika digital digunakan, dan menetapkan bahwa versi virtual dari aktor tersebut tidak dapat menggantikan jumlah minimum pemeran latar yang dibutuhkan dalam perjanjian SAG.

SAG mengatakan bahwa para studio telah setuju untuk mendapatkan persetujuan pada saat awal pekerjaan, yang menurut mereka bertentangan dengan gagasan kompensasi tambahan.

"Artinya adalah perusahaan-perusahaan tersebut akan memberitahukan kepada pemeran latar, 'Jika Anda tidak memberikan persetujuan yang kami minta, kami tidak akan mempekerjakan Anda dan kami akan mengganti Anda dengan orang lain,'" ujar Crabtree-Ireland. "Itu bukanlah persetujuan yang bermakna."

Para studio juga ingin mempertahankan praktik pemindaian tubuh 3D yang telah berlangsung lama untuk menangkap rupa seorang aktor, dalam hal ini untuk menciptakan replika digital yang dihasilkan oleh AI.

Gambar-gambar tersebut akan digunakan dalam tahap pasca-produksi untuk menggantikan wajah seorang aktor dengan akurat atau menciptakan pengganti aktor di layar, ujar sumber yang akrab dengan mekanisme produksi film.

Para produser telah berjanji untuk mendapatkan persetujuan dari para pemeran pada saat awal, dan bernegosiasi terpisah untuk penggunaan berikutnya dari replika digital seorang aktor, kata para sumber.

Crabtree-Ireland mengatakan bahwa para studio bisa melakukannya sekarang, dengan persetujuan dan kompensasi yang tepat. Masalah bagi serikat adalah keinginan untuk mempertahankan hak atas replika digital untuk karya-karya di masa depan, sehingga secara efektif memiliki kepemilikan atas persona virtual tersebut.

Hal serupa, para studio ingin mendapatkan hak untuk mengubah digital sebuah penampilan pada tahap pasca-produksi, sesuai dengan karakter, naskah, dan visi sutradara. Kemampuan untuk mengganti satu atau dua kata dialog, atau melakukan perubahan cepat pada pakaian digital, dapat menghemat ratusan ribu dolar dalam biaya pengambilan gambar ulang suatu adegan, kata salah satu sumber dari studio.

Para produser menawarkan untuk mencari persetujuan dari seorang aktor untuk perubahan apa pun di luar perubahan-perubahan biasa yang dilakukan pada tahap pasca-produksi, menurut sumber-sumber.

SAG berpendapat bahwa sebelum ada perubahan pada citra, rupa, atau suara seorang aktor, izin harus dicari terlebih dahulu.

Perdebatan mengenai penggunaan AI dalam industri hiburan ini menunjukkan betapa kompleksnya tantangan dan implikasi dari kemajuan teknologi dalam dunia perfilman dan televisi.

Konflik antara para produser dan serikat aktor menyoroti kekhawatiran dan ketakutan dari pihak-pihak terlibat, terutama para aktor, tentang bagaimana AI bisa mempengaruhi pekerjaan mereka dan masa depan seni dan hiburan.

Para aktor khawatir bahwa dengan munculnya aktor sintetis yang sepenuhnya dihasilkan oleh AI, pekerjaan mereka bisa terancam dan peran yang seharusnya diberikan kepada manusia akan dialihkan kepada karakter digital. Ini bisa berdampak pada penghasilan dan stabilitas karier para aktor, serta mengubah dinamika industri hiburan secara keseluruhan.

Sementara para produser ingin memanfaatkan potensi AI untuk menciptakan karakter dan efek visual yang lebih realistis dan efisien, mereka juga harus mempertimbangkan implikasi etika dan keadilan terkait hak cipta, kepemilikan data, dan penggunaan gambar serta penampilan aktor untuk melatih sistem AI.

Menghadapi evolusi teknologi ini, penting bagi industri hiburan untuk mencari keseimbangan yang tepat antara pemanfaatan AI untuk inovasi dan kemajuan kreatif, sambil tetap menghormati hak dan kepentingan para pekerja dan seniman.

Perlu ada dialog yang terbuka dan transparan antara para produser, serikat aktor, dan para pemangku kepentingan lainnya untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak.

Sebagai teknologi AI terus berkembang, isu-isu seputar penggunaannya dalam industri hiburan akan terus muncul. Selain tantangan yang dihadapi dalam perundingan antara para produser dan serikat aktor, industri hiburan juga harus mempertimbangkan regulasi dan panduan yang sesuai untuk memastikan bahwa AI digunakan secara etis dan bertanggung jawab, serta untuk melindungi kepentingan para pekerja dan integritas seni.

Dalam menghadapi realitas bogeyman AI yang semakin nyata, para pemangku kepentingan harus bersama-sama mencari solusi yang adil dan berkelanjutan untuk menghadapi tantangan masa depan ini Demikian dikutip dari Reuters.