Bagikan:

JAKARTA – Pada Oktober tahun lalu, Google Photo meluncurkan fitur Magic Editor secara gratis. Awalnya, fitur ini hanya tersedia untuk ponsel Pixel 8, tetapi kini sudah diperluas ke lebih banyak perangkat Android.

Berdasarkan laporan 9to5google, Magic Editor mulai terlihat di ponsel Pixel yang lebih lama, seperti Pixel 7 ke bawah. Fitur ini juga terlihat di beberapa seri Samsung Galaxy dan sepertinya akan diperluas ke lebih banyak OEM.

Untuk melihat fitur baru ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Google Photo mereka ke versi 6.85. Pengguna tidak perlu berlangganan paket apa pun karena fitur ini akan muncul di akun Google yang tidak memiliki paket berlangganan apa pun.

Meski bisa digunakan secara gratis, fitur ini menetapkan sejumlah batasan. Google sempat mengatakan foto yang diedit menggunakan Magic Editor hanya bisa disimpan sebanyak sepuluh kalo. Aturan ini berlaku setiap bulannya.

Jika pengguna ingin menyimpan hasil editan tanpa batasan, pengguna harus berlangganan Google One dengan kapasitas 2TB terlebih dahulu. Aturan ini hanya berlaku untuk ponsel Android selain buatan Google karena Pixel tidak dibatasi pengeditannya.

Jika Anda tertarik menggunakan Google Photo, Anda bisa memperbarui aplikasinya terlebih dahulu, lalu cari tombol Magic Editor di sudut kiri bawah layar.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa memindahkan, mengubah ukuran, dan menghapus objek dari dalam foto.

Tak hanya Magic Editor, Google juga meluncurkan beberapa fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI) lainnya di dalam Google Photo.

Berikut ini beberapa fitur yang diluncurkan secara gratis.

• Alat Unblur, Portrait blur, Portrait light

• Sky Suggestion untuk latar belakang langit

• Adjust Color pop, HDR effect

• Cinematic photos

• Styles di collage editor

• Video effects