Bagikan:

JAKARTA – Mode Incognito merupakan salah satu fitur penting di dalam Google Chrome. Dengan menggunakan fitur ini, aktivitas pengguna akan dirahasiakan karena semua riwayat akan disembunyikan oleh Chrome.

Namun, banyak orang tua yang tidak menyukai fitur ini karena aktivitas internet anaknya akan disembunyikan. Jika Anda tidak menyukai fitur ini, ada cara yang bisa dilakukan. Berikut ini cara mematikan mode Incognito dari Chrome, dikutip dari Makeuseof.

Menutup Mode Incognito di Ponsel

Pengguna Chrome tidak bisa menonaktifkan mode Incognito yang ada di aplikasi ponsel mereka. Anda hanya bisa keluar dari mode Incognito dan kembali ke mode normal. Berikut ini cara untuk menutup fiturnya:

1. Buka tab Incognito yang terbuka di aplikasi Chrome Anda

2. Ketuk kotak bundar dengan angka di bagian bawah layar

3. Setelah keluar dari tampilan halaman, klik Edit di pojok kiri bagian bawah

4. Pilih menu Tutup Semua Tab dan Anda akan menutup mode Incognito

Menonaktifkan Mode Incognito di Windows

Pengguna Chrome di laptop bisa menonaktifkan mode Incognito, tetapi cara menonaktifkan perangkat Windows dan macOS berbeda. Berikut ini cara untuk mematikan mode incognito di Windows:

1. Buka beranda di Desktop dan klik Start.

2. Ketik CMD di bilah pencarian, klik kanan pada mouse atau touchpad saat aplikasi Command Prompt terlihat

4. Pilih Jalankan Sebagai Administrator, lalu ketik prompt: REG ADD HKLM\SOFTWARE\Policies\Google\Chrome /v IncognitoModeAvailability /t REG_DWORD /d 1

5. Tekan tombol Enter di keyboard setelah selesai

Menonaktifkan Mode Incognito di macOS

Hampir sama seperti perangkat Windows, pengguna Mac harus memasukkan kode untuk menonaktifkan mode Incognito. Berikut ini cara menonaktifkannya:

1. Klik Open di Finder, lalu buka Utilitas

2. Setelah halaman Utilitas terbuka, buka aplikasi Terminal

3. Setelah jendela aplikasi terbuka, masukan prompt: defaults write com.google.chrome IncognitoModeAvailability -integer 1z

4. Setelah selesai, klik tombol Enter di keyboard