Bagikan:

JAKARTA - Selama kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi ke Jenewa, Swiss, pemerintah Indonesia sepakat untuk mendalami kerja sama transformasi digital dan AI dengan China.

Dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi RRC Shan Zhongde, Menkominfo mengatakan bahwa Indonesia yakin pengembangan AI (Artificial Intelligent) dan investasi pada SDM akan membawa kemajuan.

Budi juga mengungkapkan Indonesia saat ini telah memiliki aturan kode etik pemanfaatan AI. Sehingga, Budi berharap China dapat mendukung pengembangan digitalisasi di daerah pedalaman Indonesia.

“Semoga pertemuan ini membawa kerja sama yang lebih baik untuk kesuksesan bersama,“ kata Menteri Budi Arie mengutip siaran resminya pada Selasa, 28 Mei.

Wakil Menteri Zhongde pun turut menyatakan di mana China ingin mendukung Indonesia dalam transformasi digital, terutama di sektor telekomunikasi yakni pengembangan teknologi 5G dan 6G serta AI.

Dia berharap Indonesia mengirimkan delegasi dalam forum internasional tentang industri digital dan AI yang akan dihelat pada awal September tahun ini di negaranya.

“Kami mengharapkan kerja sama mengenai pemanfaatan AI demi kemajuan rakyat masing-masing negara,” ucapnya.