Bagikan:

JAKARTA - Startup AI milik Elon Musk, xAI, berhasil mengumpulkan dana  6 miliar dolar AS (Rp96,2 triliun) dalam pendanaan Seri B, bahkan mencapai valuasi post-money sebesar  24 miliar dolar AS (Rp385 triliun) saat para investor berinvestasi besar pada penantang  OpenAI dalam persaingan AI yang semakin intensif.

Menurut xAI, pendanaan ini didukung oleh investor termasuk Andreessen Horowitz dan Sequoia Capital. "Valuasi pre-money perusahaan adalah  18 miliar dolar," ujar Musk dalam sebuah posting di X.

Uang tersebut akan digunakan untuk membawa produk pertama xAI ke pasar, membangun infrastruktur canggih, dan mempercepat penelitian dan pengembangan teknologi masa depan.

"Akan ada lebih banyak pengumuman dalam beberapa minggu mendatang," kata Musk dalam postingan X lainnya, sebagai tanggapan atas pengumuman pendanaan tersebut.

Perusahaan seperti Microsoft yang mendukung OpenAI dan Alphabet termasuk di antara mereka yang memimpin persaingan ketat untuk dominasi AI generatif, mendorong investasi signifikan dan inovasi dalam lanskap yang berkembang pesat ini.