Bagikan:

JAKARTA - Komunitas Shiba Inu (SHIB) tengah dihadapkan pada situasi yang menarik. Di satu sisi, blockchain layer-2 mereka, Shibarium, menunjukkan peningkatan aktivitas validator yang ditandai dengan bertambahnya jumlah blok. Namun di sisi lain, terdapat penurunan signifikan pada jumlah transaksi harian di jaringan tersebut.

Berdasarkan pengamatan AMBCrypto pada 26 Mei 2024, total blok pada Shibarium mendekati angka 5 juta. Menurut data dari Shibariumscan, jumlah blok secara spesifik mencapai 4,91 juta. Blok sendiri merupakan file yang digunakan untuk menyimpan data transaksi pada blockchain.

Peningkatan jumlah blok ini mengindikasikan keaktifan validator yang lebih baik pada jaringan Shiba Inu. Sebuah blok harus divalidasi oleh validator sebelum transaksi yang terkandung di dalamnya bisa dikonfirmasi. Artinya, semakin banyak blok yang dikonfirmasi, semakin aktif pula validator yang bekerja mengamankan jaringan.

Meski begitu, outlet berita tersebut menemukan penurunan signifikan pada jumlah transaksi harian di Shibarium. Saat berita ini ditulis, jumlah transaksi tercatat hanya 7.930. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan rekor transaksi harian yang pernah diraih oleh Shibarium sebelumnya.

Sementara aktivitas jaringan Shibarium menurun, harga Bone ShibaSwap (BONE) justru mengalami kenaikan. BONE, yang merupakan token utama dari platform DEX ShibaSwap, melonjak 3.41% dalam 24 jam terakhir.

Perlu dicatat bahwa kenaikan harga BONE tidak diikuti oleh SHIB. Harga SHIB saat ini masih berkisar di 0,000024 dolar AS, belum mengalami pergerakan signifikan dalam dua hari terakhir.

Selain harga, AMBCrypto juga mengamati dampak Shibarium terhadap aspek lain dari ekosistem Shiba Inu. Berdasarkan evaluasi, belum banyak perubahan signifikan yang terjadi. Misalnya, metrik Network Growth justru mengalami penurunan.

Network Growth menunjukkan jumlah alamat baru yang melakukan transaksi di jaringan untuk pertama kalinya. Pada 25 Mei, metrik ini berada di angka 1881. Namun, saat ini angkanya turun menjadi 446. Penurunan Network Growth mengindikasikan bahwa adopsi SHIB belum menunjukkan perkembangan yang menggembirakan akhir-akhir ini.

Data serupa juga terlihat pada metrik sirkulasi SHIB. Menurut Santiment, sirkulasi SHIB dalam 24 jam terakhir turun menjadi 293,55 miliar, padahal sebelumnya sempat mencapai titik tertinggi mingguan di angka 3,31 triliun pada 22 Mei.

Penurunan sirkulasi ini mengindikasikan bahwa lebih sedikit token SHIB yang terlibat dalam transaksi belakangan ini. Bagi harga SHIB, hal ini bisa menjadi perkembangan positif karena berarti berkurangnya tekanan jual.

Lebih lanjut, AMBCrypto juga tengah mengamati Total Value Locked (TVL) Shibarium. TVL mengukur nilai dolar aset kripto yang terkunci atau disimpan dalam protokol blockchain.