Tetap Nyaman <i>Order</i> Makanan Selama Pandemi COVID-19
Foto pengemudi ojek online (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, selama beberapa hari terakhir. Hal ini dilakukan demi menekan angka penyebaran virus corona atau COVID-19 di Tanah Air.

Dikarenakan diharuskan mengurangi aktivitas di luar rumah, tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan layanan pesan antar makanan seperti Grab dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, maupun mengantar barang.

Namun, di tengah situasi darurat saat ini, penyebaran COVID-19 bisa terjadi lewat siapa saja dan via apapun. Demi menjaga para mitra driver dan pelanggannya agar tidak terinfeksi virus tersebut, Grab Indonesia memperkenalkan fitur baru yakni "Pemesanan Tanpa Kontak" pada layanan GrabFood dan GrabExpress.

Untuk itu, Grab membagikan tips agar para pelanggan bisa dengan aman menggunakan layanan GrabFood dan GrabExpress dengan nyaman tanpa perlu bersentuhan dengan mitra driver. Berikut tipsnya.

1. Informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan.

2. Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan di mana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut.

Ilustrasi social distancing GrabFood (dok. Grab)

3. Diusahakan agar para pelanggan menggunakan metode pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Jika dirasa cara tersebut belum aman, pelanggan bisa mengenakan masker dan sarung tangan saat mengambil makanan dan barang di mitra driver.

5. Setelah selesai bertransaksi, sebaiknya melakukan cuci tangan, meski tidak terjadi kontak secara langsung, namun untuk memastikan keamanan pada tubuh sendiri.

Grab Indonesia mengakui bahwa langkah ini sebagai bantuan kepada masyarakat agar tidak terpapar COVID-19. Menurut Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, pihaknya terus mensosialisasikan cara berinteraksi yang tepat dengan para pelanggan untuk menghadirkan layanan terbaik.

"Kami telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup mereka (pelanggan dan mitra Grab)," ujar Neneng dalam keterangan resmi yang diterima VOI.

Bukan hanya itu, sebagai langkah tambahan supaya tidak terinfeksi COVID-19, Grab Indonesia juga telah memberikan himbauan kepada seluruh staf dan merchant gerai GrabKitchen untuk menjaga kondisi kesehatan sebelum mulai bekerja. Termasuk pula kesiapan sebelum mengambil atau mengantar pesanan makanan kepada pelanggan.

Melalui fitur GrabKitchen, ada fitur Ambil Sendiri yang memungkinkan pelanggan dapat mengambil langsung memesan dan mengambil makanannya tanpa harus mengantre.Fitur ini merupakan alternatif untuk meminimalisir kontak menyusul anjuran social distancing.