JAKARTA - Apple Inc., meminta maaf pada Kamis 9 Mei setelah sebuah iklan untuk model terbaru iPad Pro-nya memicu kritik karena menampilkan animasi alat musik dan simbol kreativitas lainnya yang hancur.
"Tujuan kami selalu untuk merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan menghidupkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami melewatkan sasaran dengan video ini, dan kami minta maaf," kata Apple seperti yang dikutip VOI dari oleh Ad Age.
Seorang juru bicara Apple menolak untuk memberikan komentar tetapi mengarahkan pertanyaan kepada laporan Ad Age.
Iklan berjudul "Crush" memiliki lebih dari satu juta tayangan di saluran YouTube Apple dan dibagikan oleh CEO Apple, Tim Cook di platform media sosial X. Iklan tersebut menunjukkan berbagai alat dan benda kreatif seperti kamera, gitar, piano, dan cat yang dihancurkan oleh penghancur industri.
Kemudian penghancur tersebut mengungkapkan iPad baru yang baru saja diumumkan, melambangkan seberapa banyak model baru yang lebih tipis mencakup segalanya.
BACA JUGA:
Para komentator online mengkritik iklan tersebut sebagai tidak sensitif dan sebuah perubahan yang tidak diinginkan dari posisi merek perusahaan yang historis sebagai nonkonformis, ramah manusia, dan obat antidot untuk dunia yang dystopian dan tanpa warna.
Dalam sebuah posting di X, aktor Hugh Grant mengatakan bahwa iklan tersebut menunjukkan "penghancuran pengalaman manusia atas kesopanan Silicon Valley."
Perusahaan teknologi berbasis Cupertino, California, ini mengumumkan tablet tersebut pada Selasa 7 Mei dengan chip baru untuk komputasi kecerdasan buatan saat mereka bergegas untuk mengejar pesaing Big Tech mereka dalam perlombaan mendominasi teknologi yang sedang berkembang.
Apple mengatakan iPad Pro, yang tersedia untuk dipesan pada Selasa, memiliki layar yang ditingkatkan dan adalah "produk Apple teringan yang pernah ada."