Bagikan:

JAKARTA - Pemerintahan Presiden AS Joe Biden siap membuka front baru dalam upayanya untuk melindungi kecerdasan buatan (AI) AS dari China dan Rusia. Mereka berencana untuk menempatkan pengaman di sekitar model AI paling canggih, inti perangkat lunak dari sistem kecerdasan buatan seperti ChatGPT.

Departemen Perdagangan sedang mempertimbangkan dorongan regulasi baru untuk membatasi ekspor model AI yang propietary atau sumber tertutup, yang perangkat lunak dan data yang dilatihnya dijaga kerahasiaannya, kata tiga orang yang akrab dengan masalah tersebut.

Langkah apa pun akan melengkapi serangkaian langkah yang telah diterapkan selama dua tahun terakhir untuk memblokir ekspor chip AI canggih ke China dalam upaya untuk melambatkan pengembangan teknologi mutakhir Beijing untuk tujuan militer. Namun, akan sulit bagi regulator untuk mengejar perkembangan cepat industri ini.

Departemen Perdagangan menolak untuk berkomentar sementara Kedutaan Besar Rusia di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar. Kedutaan Besar China menyebut langkah tersebut sebagai "tindakan ekonomi dan intimidasi sepihak yang khas, yang secara tegas ditentang oleh China." Mereka menambahkan bahwa akan mengambil "langkah-langkah yang diperlukan" untuk melindungi kepentingannya.

Saat ini, tidak ada yang bisa menghentikan raksasa AI AS seperti Microsoft, OpenAI yang didukung oleh Microsoft, Google DeepMind dari Alphabet, dan pesaing Anthropic, yang telah mengembangkan beberapa model AI sumber tertutup paling kuat, untuk menjualnya kepada hampir siapa pun di dunia tanpa pengawasan pemerintah.

Para peneliti pemerintah dan swasta khawatir musuh AS bisa menggunakan model-model tersebut, yang menambang jumlah teks dan gambar besar untuk merangkum informasi dan menghasilkan konten, untuk melancarkan serangan siber agresif atau bahkan menciptakan senjata biologis yang efektif.

Salah satu sumber mengatakan bahwa kontrol ekspor baru kemungkinan besar akan ditujukan kepada Rusia, China, Korea Utara, dan Iran. Microsoft mengatakan dalam laporan Februari bahwa mereka telah melacak kelompok peretas yang berafiliasi dengan pemerintah China dan Korea Utara serta intelijen militer Rusia, dan Garda Revolusioner Iran, saat mereka mencoba memperbaiki kampanye peretasan mereka menggunakan model bahasa besar.

KEKUATAN KOMPUTASI

Untuk mengembangkan kendali ekspor terhadap model AI, sumber-sumber mengatakan AS mungkin akan menggunakan ambang batas yang terkandung dalam perintah eksekutif AI yang dikeluarkan pada bulan Oktober lalu yang didasarkan pada jumlah kekuatan komputasi yang diperlukan untuk melatih model. Saat level tersebut tercapai, pengembang harus melaporkan rencana pengembangan model AI mereka dan memberikan hasil uji coba kepada Departemen Perdagangan.

Ambang batas kekuatan komputasi itu bisa menjadi dasar untuk menentukan model-model AI mana yang akan tunduk pada pembatasan ekspor, menurut dua pejabat AS dan sumber lain yang diberi informasi tentang diskusi tersebut. Mereka menolak disebutkan namanya karena detailnya belum dipublikasikan.

Jika digunakan, kemungkinan hanya akan membatasi ekspor model-model yang belum dirilis, karena tidak ada yang diyakini telah mencapai ambang batas tersebut, meskipun Gemini Ultra dari Google dianggap sudah dekat, menurut EpochAI, sebuah institut riset yang melacak tren AI.

Badan tersebut masih jauh dari menyelesaikan proposal aturan. Tetapi fakta bahwa langkah semacam itu sedang dipertimbangkan menunjukkan bahwa pemerintah AS berupaya untuk menutup celah dalam upayanya untuk menghentikan ambisi AI Beijing, meskipun tantangan serius dalam memberlakukan rezim regulasi yang kuat pada teknologi yang berkembang dengan cepat.

Saat pemerintahan Biden memperhatikan persaingan dengan China dan bahaya dari AI yang canggih, model-model AI "jelas merupakan salah satu alat, salah satu choke point potensial yang harus Anda pikirkan di sini," kata Peter Harrell, mantan pejabat Dewan Keamanan Nasional. "Apakah Anda benar-benar, dalam prakteknya, bisa mengubahnya menjadi chokepoint yang dapat dikontrol ekspor, tetap menjadi dilihat," tambahnya.

SENJATA BIOLOGIS DAN SERANGAN CYBER?

Komunitas intelijen Amerika, lembaga pemikir, dan akademisi semakin prihatin dengan risiko yang ditimbulkan oleh aktor asing yang memperoleh akses ke kemampuan AI canggih. Peneliti di Gryphon Scientific dan Rand Corporation mencatat bahwa model AI canggih dapat memberikan informasi yang dapat membantu menciptakan senjata biologis.

Departemen Keamanan Dalam Negeri mengatakan aktor siber kemungkinan akan menggunakan AI untuk "mengembangkan alat-alat baru" untuk "memungkinkan serangan siber yang lebih besar, lebih cepat, lebih efisien, dan lebih sulit dideteksi" dalam penilaian ancaman dalam negeri 2024-nya.

"Ledakan potensial untuk penggunaan dan eksploitasi [AI] sangat radikal dan kita benar-benar mengalami kesulitan dalam mengikuti itu," kata Brian Holmes, pejabat di Kantor Direktur Intelijen Nasional, dalam pertemuan kontrol ekspor pada bulan Maret, menyoroti kemajuan China sebagai kekhawatiran khusus.

PEMBATASAN AI

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, AS telah mengambil langkah-langkah untuk menghentikan aliran chip AI AS dan alat untuk membuatnya ke China.

Juga telah diusulkan aturan untuk menuntut perusahaan cloud AS memberi tahu pemerintah ketika pelanggan asing menggunakan layanan mereka untuk melatih model AI yang kuat yang bisa digunakan untuk serangan siber.

Namun, sampai saat ini belum ada yang menangani model AI itu sendiri. Alan Estevez, yang mengawasi kebijakan ekspor AS di Departemen Perdagangan, mengatakan pada bulan Desember bahwa badan itu sedang mencari opsi untuk mengatur ekspor model bahasa besar sumber terbuka sebelum mencari umpan balik industri.

Tim Fist, pakar kebijakan AI di think tank CNAS berbasis di Washington DC, mengatakan ambang batas "adalah langkah sementara yang baik sampai kita mengembangkan metode yang lebih baik untuk mengukur kemampuan dan risiko model-model baru."

Jamil Jaffer, mantan pejabat Gedung Putih dan Departemen Kehakiman, mengatakan pemerintahan Biden tidak seharusnya menggunakan ambang batas kekuatan komputasi tetapi memilih kendali berdasarkan pada kemampuan dan penggunaan yang dimaksudkan dari model tersebut. "Mengutamakan risiko keamanan nasional daripada ambang batas teknologi adalah langkah yang lebih berkelanjutan dan fokus pada ancaman," katanya.

Ambang batas itu tidak setara. Salah satu sumber mengatakan bahwa Departemen Perdagangan mungkin akan mendapatkan lantai yang lebih rendah, dikombinasikan dengan faktor lain, seperti jenis data atau penggunaan potensial untuk model AI, seperti kemampuan untuk merancang protein yang dapat digunakan untuk membuat senjata biologis.

Terlepas dari ambang batas, ekspor model AI akan sulit dikendalikan. Banyak model adalah sumber terbuka, yang berarti mereka akan tetap di luar jangkauan kendali ekspor yang sedang dipertimbangkan.

Bahkan memberlakukan kontrol pada model propietary yang lebih canggih akan sulit, karena regulator kemungkinan akan kesulitan mendefinisikan kriteria yang tepat untuk menentukan model mana yang harus dikendalikan sama sekali, kata Fist, mencatat bahwa China kemungkinan hanya sekitar dua tahun di belakang Amerika Serikat dalam mengembangkan perangkat lunak AI mereka sendiri.

Kontrol ekspor yang sedang dipertimbangkan akan mempengaruhi akses ke perangkat lunak backend yang mendorong beberapa aplikasi konsumen seperti ChatGPT, tetapi tidak membatasi akses ke aplikasi turunan itu sendiri.