Bagikan:

JAKARTA - Peramban Opera meluncurkan kemampuan baru untuk alat AI generatifnya, Aria, yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban secara real-time sesuai dengan halaman tertentu. 

Disebut dengan Page Context Mode, perusahaan mengatakan bahwa fitur ini memungkinkan Anda bertanya kepada Aria tentang isi teks dari halaman web yang sedang Anda buka.

Contoh, ketika Anda sedang mencari-cari produk penyedot debu secara online, Anda dapat membuka baris perintah dan meminta Aria memberikan rekomendasi penyedot debu berdasarkan kebutuhan Anda.  

Dari sana, Aria akan memberikan saran penyedot debu terbaik berdasarkan permintaan Anda, pada halaman web perbandingan penyedot debu yang juga sedang Anda buka.

Page Context Mode yang baru ini dapat membantu Anda dengan berbagai tugas berbeda, seperti meringkas teks suatu halaman, memilah informasi spesifik tentang sebuah teks tanpa harus membahas semuanya, serta menerjemahkan teks dari bahasa asing.

Aria diluncurkan tahun lalu dan berfungsi seperti pendamping pencarian AI lainnya. Asisten memiliki antarmuka seperti chatbot yang menjawab pertanyaan sebagai alternatif untuk mencari jawaban di web.

Belum lama ini, Aria juga mendapatkan kemampuan baru untuk menghasilkan gambar dengan Imagen 2 oleh Google, dan juga dapat membacakan jawaban teks dengan suara keras.