NASA Butuh Masukan untuk Mengembangkan Teknologi Luar Angkasa
Teknologi NASA membutuhkan umpan balik (foto: dok. NASA)

Bagikan:

 

JAKARTA – Ratusan teknologi NASA membutuhkan masukan dari publik. Masukan ini diperlukan agar NASA bisa mengembangkan atau meningkatkan cara mereka dalam berinvestasi terhadap beberapa teknologi.

NASA membuat situs web Prioritas Teknologi Ruang Angkasa dan merilis 187 daftar teknologi yang dianggap memiliki kekurangan. Seluruh teknologi yang ditambahkan telah melalui proses identifikasi tahap awal untuk menemukan kekurangan dari teknologinya.

Di situs web tersebut, masyarakat bisa menilai kepentingan teknologi luar angkasa NASA hingga 13 Mei mendatang. Ratusan teknologi yang masuk ke dalam daftar dipisahkan berdasarkan bidang kemampuan dan memiliki penjelasan seperti ID, judul, hingga deskripsi.

Program Prioritas Teknologi Ruang Angkasa ini diinisiasi oleh Tim Perencanaan Strategis dan Integrasi, bagian dari Direktorat Misi Teknologi Luar Angkasa (STMD). Seluruh masukan dari masyarakat akan diterima dan dipilah oleh tim tersebut.

Setelah memilah, STMD akan menentukan teknologi yang penting bagi keberhasilan misi NASA. Ini merupakan cara baru untuk mengembangkan teknologi sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, NASA biar memperkirakan jumlah anggaran pengembangan.

"Memahami dan memprioritaskan upaya yang paling penting dan berdampak memungkinkan STMD mengarahkan sumber daya yang tersedia secara tepat untuk mendukung kebutuhan misi NASA dan bangsa dengan sebaik-baiknya," jelas NASA.

Menurut lembaga negara tersebut, masyarakat perlu ikut serta dalam program tersebut. Pasalnya, pengisian formulir umpan balik ini merupakan, "kesempatan (bagi) Anda untuk membantu membentuk masa depan teknologi luar angkasa."

Terkait