Google Search Menghapus Sebagian Besar Tampilan Hewan 3D
 AR Google Search yang menampilkan hewan 3D (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA – Google Search bisa menampilkan hewan secara 3D melalui layar ponsel. Sebelumnya, ada banyak kategori hewan yang bisa dilihat, tetapi tidak lagi karena sebagian besar hewan telah dihapus oleh Google.

Kemampuan untuk melihat hewan secara 3D diperkenalkan pada tahun 2019. Saat mencari hewan tertentu di Chrome, baik itu di Android, situs web, maupun iOS, pengguna akan melihat menu 3D di bagian bawah penjelasan tentang hewan.

Sejak pertama kali diluncurkan, objek 3D-nya selalu bertambah hingga akhirnya mencapai lebih dari 100 hewan. Tampilan 3D ini mulai diperluas ke lebih banyak objek, seperti lokasi, planet, anatomi manusia, bagian sel, dan masih banyak lagi.

Namun, Google tiba-tiba menghapus sebagian besar objek 3D dan saat ini hanya tersisa selusin beberapa jenis hewan seperti Kambing Alpen, Piton Bola, Lebah, Kucing, Anjing, Keledai, Kelinci Paskah, Hiu Putih Besar, Hamster, Serangga, dan lainnya.

Tampilan 3D untuk ras kucing dan anjing pun dikurangi. Untuk ras kucing hanya ada Mainecoon, Ragdoll, Benggala, Siamese, dan kucing hutan Norwegia. Sementara itu, ras anjing yang ditampilkan hanya Bulldog, anjing pesek, dan Shiba Inu.

Google tidak menjelaskan alasan di balik penghapusan model 3D ini. Padahal, fitur di Google Search ini sempat viral saat pandemi Covid-19. Fitur ini berguna sebagai media pembelajaran siswa sehingga sangat disayangkan bila harus dihapus.

Jika Anda ingin melihat objek 3D yang tersisa, Anda hanya perlu mencari nama-nama hewan yang sudah disebutkan sebelumnya. Perangkat yang Anda gunakan juga harus memiliki aplikasi Google Play Service for AR untuk menampilkan objeknya.