Google Luncurkan Program Pelatihan  AI untuk Warga AS dan Dana Hibah Senilai Rp1,2 Triliun
Google gelar pelatihan AI untuk warga AS. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA – Pada Jumat 26 April, Google mengumumkan  bahwa mereka akan meluncurkan kursus untuk mengajarkan satu juta orang Amerika cara menggunakan alat kecerdasan buatan (AI).

Sebagai bagian dari program ini, raksasa teknologi ini juga mengumumkan bahwa lembaga amalnya, Google.org, telah menganggarkan  75 juta dolar AS (Rp1,2 triliun) dalam bentuk hibah untuk pelatihan keterampilan AI bagi masyarakat di daerah pedesaan dan yang kurang terlayani.

Kursus keterampilan AI baru akan tersedia dengan harga  49 dolar AS (Rp795 ribu) di Coursera, penyedia kursus online berorientasi keuntungan.

Pengumuman ini muncul setelah Google membatalkan aturan yang mewajibkan pemasok dan perusahaan stafnya untuk memberikan upah dan manfaat yang baik kepada karyawannya - sambil melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap ribuan karyawan meskipun mencetak rekor laba.

Menurut daftar kursus, kursus ini akan mengajarkan pengguna cara 'Menggunakan alat AI generatif untuk mengembangkan ide dan konten, membuat keputusan yang lebih informasional, dan mempercepat tugas-tugas kerja sehari-hari,' dengan tanggung jawab.

Kursus juga menjanjikan bahwa peserta akan 'Mengembangkan strategi untuk tetap terkini dalam ranah AI yang sedang berkembang.'

Selain itu, Google juga mengumumkan dana hibah senilai  75 juta dolar AS dari Dana Kesempatan AI, yang akan diberikan kepada 'organisasi pengembangan tenaga kerja dan pendidikan terbaik,' menurut juru bicara Google.

Organisasi seperti Goodwill Industries International akan menerima sebagian dana pelatihan tersebut 'untuk memberdayakan warga Amerika untuk memanfaatkan teknologi AI guna meningkatkan produktivitas dan mempersiapkan mereka untuk pekerjaan di masa depan.'

Namun demikian, masih ada isu terkait Goodwill yang membayar karyawan disabilitas di bawah upah minimum sebagai bagian dari pelatihan keterampilan kerja - sebuah program yang diizinkan oleh Departemen Tenaga Kerja AS.

Google  baru-baru ini juga mengumumkan bahwa mereka mencabut aturan yang mewajibkan mitra bisnisnya untuk memberikan upah layak kepada karyawannya.

Google menggulirkan program-program baru untuk melatih pekerja dalam bidang AI. Namun, perusahaan terus berjuang melawan otoritas tenaga kerja federal yang berusaha membuat Google memperlakukan karyawannya secara adil.

Google telah menolak untuk melakukan perundingan dengan pekerja yang bersirikat, termasuk di YouTube yang mereka miliki. Keputusan ini melanggar hukum, demikian menurut NLRB pada Januari tahun ini.

Ini bukanlah insiden yang terisolasi. Google telah dituduh memecat pekerja secara ilegal karena mengorganisir serikat pekerja, mengganggu kegiatan yang dilindungi, dan umumnya terlibat dalam perilaku ilegal untuk menekan pekerja agar tidak menggunakan hak mereka untuk berorganisasi demi kondisi kerja yang lebih baik, menurut Economic Policy Institute.

Program amal baru yang diumumkan Google  ini juga muncul di tengah pemutusan hubungan kerja yang menghebohkan.

Google melaporkan bahwa mereka memperoleh keuntungan sebesar  20,7 miliar dolar AS (Rp336,2 triliun) pada kuartal keempat tahun 2023, meningkat 52 persen dibanding tahun sebelumnya, meskipun jumlah karyawannya berkurang empat persen.

Langkah ini muncul tak lama setelah Google meluncurkan model bahasa besar (LLM) bernama Goose, dan setelah mengumumkan investasi besar dalam startup AI bernama anthropic.

Kursus AI baru ini dapat diakses dengan ritme belajar mandiri dan mencakup 10 jam materi yang tersebar dalam lima modul.