Google Bangun Kantor Baru di El Salvador untuk Dukung Transformasi Digital
Kantor baru Google di San Salvador (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini Google  mengumumkan pembukaan kantor barunya di San Salvador. Hal ini merupakan langkah lanjut Google dalam mendukung transformasi digital negara tersebut. 

Tidak hanya itu, pembangunan kantor barunya ini juga untuk modernisasi layanan pemerintah dan pembangunan ekonomi, sesuai dengan perjanjian kolaborasi Google dengan pemerintah El Salvador sejak Agustus 2023.

“Kami berfokus untuk mendukung negara tersebut dalam memodernisasi proses dan layanan yang diberikan kepada warganya, serta menawarkan pelatihan kepada berbagai entitas pemerintah,” kata Eduardo Lopez, Presiden Google Cloud untuk Amerika Latin dalam pernyataannya. 

Selain mengumumkan pembukaan kantor baru, Google juga berbagi kemajuan yang telah mereka capai sebagai bagian dari perjanjian ini di bidang pemerintahan digital, kesehatan dan pendidikan. Di antaranya:

Pemerintahan digital: Google bekerja sama dengan pemerintah dalam perjalanannya mengembangkan ekosistem digital sederhana untuk pendaftaran impor, ekspor, kesehatan, dan sanitasi.

Selanjutnya, Google akan terus mendukung pemerintah dalam mengembangkan platform yang memungkinkan interoperabilitas antar lembaga dan meningkatkan layanan masyarakat melalui digitalisasi.

Kesehatan: Google kini mendukung pemerintah El Salvador dalam pengembangan platform telemedis dengan teknologi mutakhir, seperti kecerdasan buatan, untuk mengotomatisasi proses dan memberikan lebih banyak akses terhadap layanan kesehatan di negara tersebut.

Pendidikan: Berdasarkan kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan El Salvador sejak tahun 2020, Google mendukung proyek jangka panjang yang menempatkan teknologi sebagai pusat peningkatan pengajaran dan pembelajaran dalam sistem pendidikan publik di negara tersebut. 

Fase pertama dimulai dengan menyediakan akun Google Workspace for Education kepada seluruh siswa di sekolah negeri dan melatih guru melalui Institut Nasional Pelatihan Guru milik Kementerian Pendidikan. 

Selanjutnya, Google akan terus melatih manajer pedagogi untuk melipatgandakan keterampilan digital guru dan siswa di El Salvador.