Jaga Keamanan Akun, Begini Cara Menghapus Akun Facebook dari Perangkat yang Tidak Dikenal
Hapus akun Facebook dari perangkat asing (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Facebook, aplikasi di bawah naungan Meta, akan memberikan notifikasi jika ada perangkat yang masuk ke akun Anda. Jika hal ini terjadi dan perangkat itu bukan milik Anda, segera periksa keamanan akunnya.

Anda bisa meninjau berbagai macam aktivitas akun, mulai dari perangkat terakhir yang masuk, lokasi perangkatnya, hingga akun yang terakhir kali digunakan. Berikut ini cara melihat perangkat asing yang mengakses akun Anda, dikutip dari How to geek.

Lihat Perangkat Melalui Pengaturan

Aplikasi Facebook memiliki tampilan yang berbeda dengan versi situs web. Namun, cara melihat aktivitas perangkatnya tidak jauh berbeda. Anda perlu membuka ikon garis tiga horizontal di pojok kanan bawah atau atas terlebih dahulu.

Setelah itu, ketuk ikon profil yang terlihat, kemudian cari menu Privasi dan Keamanan. Ketuk menu Pengaturan yang terlihat, lalu ketuk Lihat Selengkapnya di Pusat Akun agar seluruh aktivitas dari akun Facebook bisa ditampilkan.

Selanjutnya, cari Kata Sandi dan Keamanan di bagian bawah Pengaturan Akun. Jika sudah diketuk, klik opsi Di Mana Anda Masuk dan seluruh daftar perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses akun Facebook akan terlihat.

Hapus Perangkat yang Tidak Diketahui

Terkadang, perangkat yang tercantum menunjukkan lokasi yang salah. Jika perangkat yang Anda gunakan memang hanya ada satu di dalam daftar, perangkat itu berarti memang milik Anda meskipun lokasi perangkatnya salah.

Jika Anda yakin bahwa perangkat itu bukan milik Anda, segera hapus akun Facebook Anda dari perangkat tersebut. Caranya, buka kembali Aktivitas Masuk Akun, lalu ketuk Pilih Perangkat untuk Keluar. Berikutnya, centang perangkat yang diinginkan dan ketuk Keluar.