BytePlus Kolaborasi dengan Mysten Labs untuk Masuki Ranah Web3
BytePlus mengintegrasikan solusi-solusi terdepan mereka, dengan data node penuh Sui. (foto: x @suinetwork)

Bagikan:

JAKARTA -BytePlus, divisi teknologi dari ByteDance, induk perusahaan TikTok, mengumumkan langkah masuk ke dalam Web3 melalui kemitraan strategis dengan Mysten Labs, pengembang di balik blockchain layer-1 Sui.

Dalam sebuah pernyataan, Kamis 17 April, BytePlus menjelaskan bagaimana mereka berencana untuk menggunakan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam kecerdasan buatan (AI) dan gudang data untuk memberdayakan ekosistem Sui, dengan fokus khusus pada proyek-proyek permainan Web3 dan SocialFi.

Kemitraan ini akan membuat BytePlus dapat mengintegrasikan solusi-solusi terdepan mereka, termasuk ByteHouse — sebuah gudang data cloud-native — dengan data node penuh Sui.

Menurut pengumuman tersebut, integrasi BytePlus berpotensi meningkatkan kemampuan analitik Sui dengan memungkinkan skalabilitas tak terbatas dan pemrosesan data real-time.

Mysten Labs akan mendapatkan manfaat dari sifat kinerja tinggi dan pemeliharaan rendah dari ByteHouse, yang pada akhirnya dapat mempercepat pengiriman data untuk pengguna di jaringan Sui.

Evan Cheng, salah satu pendiri dan CEO Mysten Labs, mengatakan bahwa kemitraan ini bisa "merevolusi" analitik data di ranah Web3.

"Integrasi kecerdasan buatan dan algoritma visual terdepan ke dalam Sui menandai kemajuan besar bagi pengalaman pengguna dalam platform permainan Web3 dan proyek SocialFi," kata Cheng.

Ini bukan kali pertama ByteDance menjajaki teknologi Web3. Pada tahun 2019, dilaporkan bahwa perusahaan tersebut membentuk kemitraan dengan grup media milik pemerintah China untuk mengembangkan divisi bisnis yang ditujukan pada blockchain dan AI.

Pada Juni 2020, ByteDance mencari lisensi perbankan virtual di Singapura dalam upaya memasuki ranah keuangan digital.

Sementara itu, Sui adalah jaringan layer-1 yang lebih baru yang diperkenalkan oleh Mysten Labs pada Maret 2022. Namun, perkembangan dalam ekosistem ini telah sangat dipercepat dalam beberapa bulan terakhir dengan kemitraan baru.

Pada bulan Februari, Sui Foundation bermitra dengan sebuah universitas di Uni Emirat Arab untuk meluncurkan akademi blockchain. Sebulan kemudian, diketahui bahwa bursa saham Yunani, ATHEX, akan menggunakan mekanisme penggalangan dana baru melalui ekosistem blockchain Sui.