Mantan Insinyur Facebook Dirikan Mysten Labs untuk Kembangkan Infrastruktur Web 3.0
Mysten mengatakan pihaknya berencana untuk meluncurkan platform NFT generasi berikutnya untuk Metaverse. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Mysten Labs, firma penelitian dan pengembangan yang didirikan oleh mantan insinyur dari raksasa media sosial Facebook, telah mengumumkan penyelesaian putaran pendanaan 36 juta dolar AS untuk tujuannya mengembangkan platform infrastruktur Web 3.0.

Dalam pengumuman Senin, 6 Desember di Medium, tim di belakang Mysten Labs mengatakan perusahaan telah mengumpulkan 36 juta dolar AS dalam putaran pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Andreessen Horowitz dengan partisipasi dari Redpoint, Lightspeed, Coinbase Ventures, Electric Capital, Standard Crypto, NFX, Slow Ventures, Scribble Ventures, Samsung NEXT dan lainnya.

Menurut laporan CNBC, CEO Evan Cheng, mengatakan Mystery akan menggunakan dana tersebut untuk membangun infrastruktur yang diperlukan bagi perusahaan yang berfokus pada cryptocurrency dan blockchain untuk menghadirkan teknologi.

“Kami percaya keterbatasan mendasar dalam infrastruktur crypto yang ada membuat frustrasi adopsi Web 3.0 yang lebih luas,” kata tim Mysten, mengutip skalabilitas rantai yang ada serta kurangnya interoperabilitas dari banyak kontrak pintar, yang juga dikutip Cointelegraph.

Selain pengembangan infrastruktur Web 3.0, Mysten mengatakan pihaknya berencana untuk meluncurkan "platform NFT generasi berikutnya untuk Metaverse" pada tahun 2022. Proyek ini bertujuan untuk memungkinkan pengguna memindahkan aset dengan lebih mudah di lingkungan virtual yang berbeda tanpa mengorbankan fungsionalitas.

Didirikan pada September 2021 oleh mantan insinyur program kriptografi di balik arsitektur blockchain untuk platform pembayaran kripto Facebook, yang kini dikenal sebagai Meta, Diem dan dompet seluler Novi, Mysten Labs dipimpin oleh CEO Evan Chang, CTO Sam Blackshear, COO Adeniyi Abiodun, dan kepala ilmuwan George Danez.

Kepala Novi terbaru, David Marcus, mengumumkan pada 1 Desember bahwa ia berencana untuk mundur pada akhir tahun. Meta Platform Inc, mulai menguji coba Novi di Amerika Serikat dan Guatemala pada bulan Oktober.