Bagikan:

JAKARTA - Sektor keuangan digital menjadi topik hangat dalam beberapa tahun terakhir sejak meningkatnya popularitas blockchain. Blockchain adalah teknologi baru yang menjadi penyimpan data serupa buku besar digital secara permanen. Hal ini membuat sejumlah bank tertarik menggunakan teknologi ini.

Baru-baru ini Sony Bank, bank online terkemuka di Jepang yang merupakan bagian dari Sony Group Corp, telah mengambil langkah signifikan dengan memulai eksperimen penerbitan stablecoin. Kolaborasi ini melibatkan SettleMint, perusahaan teknologi blockchain asal Belgia, dan akan dilaksanakan di atas infrastruktur Polygon, jaringan blockchain yang dikenal dengan biaya transaksi yang kompetitif.

Eksperimen ini mengeksplorasi penggunaan stablecoin yang terikat pada mata uang fiat, khususnya Yen Jepang, untuk menawarkan opsi pembayaran alternatif dalam ekosistem Grup Sony, termasuk di sektor game dan olahraga. Stablecoin, yang nilainya stabil karena dikaitkan dengan aset seperti uang fiat, menjadi solusi bagi volatilitas harga yang sering menjadi tantangan dalam penggunaan cryptocurrency.

Dalam beberapa bulan mendatang, Sony Bank akan meneliti aspek hukum yang berkaitan dengan transfer stablecoin yang didukung Yen, dengan harapan dapat mengurangi biaya transaksi bagi pengguna. Upaya ini juga mencerminkan komitmen Sony dalam memanfaatkan teknologi blockchain untuk memperkuat posisinya di pasar keuangan digital.

BACA JUGA:


Sony dan Blockchain 

Langkah Sony Bank ini bukanlah inisiatif pertama Sony Group dalam teknologi blockchain. Sebelumnya, Sony Network Communications telah berkolaborasi dengan Astar Network dan Startale Labs untuk mengembangkan proyek-proyek Web3, termasuk penggunaan NFT dan DAO.

Di sisi lain, Jepang juga telah menunjukkan sikap terbuka terhadap teknologi blockchain dan kripto, dengan peraturan yang mendukung penerbitan dan penggunaan stablecoin. Hal ini menarik perhatian perusahaan-perusahaan kripto global, termasuk Circle Financial yang telah bermitra dengan SBI Holdings untuk memperluas penggunaan stablecoin USDC di Jepang.