NASA Akan Menguji Adaptor Muatan Roket SLS, Kunci Kesuksesan dari Misi Artemis IV
NASA mempersiapkan pengujian adaptor muatan roket Artemis IV (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – Artemis IV, misi eksplorasi ke Bulan yang dikerahkan NASA, ditargetkan meluncur pada tahun 2028. Meski misi Artemis II belum berjalan, NASA telah mengembangkan roket untuk misi Artemis IV.

NASA telah membangun adaptor muatan untuk roket Space Launch System (SLS). Saat ini, NASA sedang mempersiapkan proses pengujian dan hasil pengujiannya akan digunakan sebagai acuan desain serta manufaktur perangkat keras penerbangan.

Adaptor muatan, yang terdiri dari dua cincin logam dan delapan panel komposit, ini akan menjadi bagian dari konfigurasi SLS Blok 1B. Adaptor muatan ini akan ditempatkan ke dalam adaptor tahap universal, tahapan bagian dalam roket yang cukup kuat.

NASA mengatakan bahwa pembuatan dan pemasangan adaptor muatan ini berperan penting bagi kesuksesan misi Artemis IV. Pasalnya, evolusi dari adaptor tahap Orion ini merupakan penghubung antara roket dan pesawat ruang angkasa yang akan didorong.

Adaptor muatan untuk roket SLS ini akan diuji secara struktural di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA. Menurut Casey Wolfe, Asisten Kepala Cabang Manufaktur Lanjutan di Marshall, fasilitas ini terpilih karena dukungan skala yang cukup besar.

"Penempatan fiber otomatis Marshall dan fasilitas integrasi skala besar memberi tim kami kemampuan untuk membangun elemen perangkat keras komposit untuk beberapa misi Artemis secara paralel, sehingga memungkinkan penghematan biaya dan jadwal," kata Wolfe.

Pengujian pertama akan dimulai pada musim semi tahun ini. Tim yang menguji akan menggunakan replika perangkat keras untuk memeriksa kekuatan dan ketahanan struktur dari adaptor muatan roket SLS.

Tim penguji akan memutar, mengguncang, dan memberikan tekanan yang sangat ekstrem untuk melihat ketahanannya. Hal ini perlu dilakukan untuk melihat apakah adaptor muatan mampu mendukung roket di lingkungan ruang angkasa yang keras.