Bagikan:

JAKARTA – Presto within Apple, sistem pembaruan cepat untuk iPhone, akan diluncurkan di seluruh Apple Store yang ada di AS. Sistem baru ini bisa memperbarui iPhone tanpa perlu dikeluarkan dari kotak.

Sistem ini pertama kali terungkap pada Oktober tahun lalu. Saat itu, beberapa toko ritel Apple sedang menguji sistemnya. 9to5mac menemukan bukti adanya kerangka internal untuk mendukung pembaruan firmware OTA nirkabel dengan perangkat khusus.

Kerangka yang terdiri dari FactoryOTALogger, FactoryOTANetworkUtils, dan FactoryOTAWifiUtils ini terlihat di pembaruan iOS 17.2. Meski sistemnya sudah terungkap, belum diketahui jenis perangkat nirkabel yang akan digunakan oleh Apple.

Presto within Apple merupakan cara instan untuk memperbarui perangkat lunak iPhone. Seluruh Apple Store akan memiliki perangkat seperti bantalan dan karyawan Apple Store hanya perlu menempatkan iPhone beserta kotaknya di atas bantalan tersebut.

Perangkat tersebut akan menghidupkan iPhone dan memperbarui perangkat lunaknya secara otomatis. Jika pembaruan telah selesai, iPhone akan kembali mati. Dengan begitu, pengguna tidak perlu memperbarui perangkat lunaknya secara mandiri.

Ponsel apa pun, termasuk iPhone, akan diproduksi dengan sistem yang sedang tersedia saat itu. Jarak antara produksi dan peluncuran biasanya cukup jauh sehingga pengguna ponsel baru akan mendapatkan perintah pembaruan perangkat lunak.

Jika seluruh Apple Store memiliki sistem Presto within Apple, pengguna tidak perlu menghabiskan banyak data dan waktu untuk memperbarui perangkat mereka. Kabarnya, sistem pembaruan ini akan menjangkau seluruh toko di AS pada awal musim panas.