Bagikan:

JAKARTA - Menurut sebuah studi baru, saat ini ada lebih banyak aplikasi usang di Apple App Store dan Google Play Store daripada yang sering diperbarui

Studi dari firma analitik Pixalate, berjudul The Abandoned Mobile Apps Report, menunjukkan bahwa pengumuman Apple baru-baru ini bahwa mereka akan segera mulai menghapus aplikasi yang belum diperbarui cukup lama sangat masuk akal meskipun faktanya tidak diterima dengan baik oleh pengembang.

Untuk menyusun laporannya, Pixalate merayapi App Store dan Play Store mencari apa yang dianggapnya sebagai aplikasi yang ditinggalkan atau yang telah dua tahun atau lebih tanpa diperbarui. Perusahaan analitik menemukan lebih dari 1,5 juta aplikasi terbengkalai di antara lebih dari lima juta aplikasi yang diperiksa.

Sementara kedua toko aplikasi seluler dipenuhi dengan aplikasi yang ditinggalkan, Pixalate hanya menemukan 1,3 juta aplikasi yang baru saja diperbarui dan yang telah diperbarui dalam enam bulan terakhir.

Misalnya, Apple baru-baru ini memperbarui kebijakan App Store untuk mengklasifikasikan aplikasi yang telah tiga tahun tanpa pembaruan sebagai aplikasi yang ditinggalkan. Pembuat iPhone ini telah mengatakan bahwa mereka akan mulai menghapusnya bersama dengan aplikasi yang gagal mencapai jumlah unduhan tertentu selama setahun terakhir.

Setelah Apple menandai aplikasi sebagai “usang”, pengembangnya akan memiliki waktu 90 hari untuk membuat perubahan pada aplikasi tersebut sebelum benar-benar dihapus dari App Store. Namun, aplikasi usang hanya akan dihapus dari toko perusahaan dan bukan dari perangkat pengguna.

Sementara itu, Google mengumumkan pada bulan April lalu, bahwa mereka akan mulai menghapus aplikasi Android yang sudah ketinggalan zaman pada akhir tahun ini. Tidak seperti Apple, raksasa pencarian akan menyembunyikan halaman aplikasi dan memblokir instalasi pada smartphone Android yang menjalankan versi sistem operasi seluler yang lebih tinggi atau di luar dua tahun dari level API target aplikasi.

Jika Anda seorang pengembang aplikasi yang sudah lama tidak memperbarui aplikasi Anda, maka sekaranglah saatnya untuk melakukannya sebelum mereka dihapus dari App Store atau Play Store.