Bagikan:

JAKARTA – Sebelum versi stabil iOS 18 diluncurkan, Apple mengajak para pengembang untuk mengirimkan aplikasi khusus atau pembaruan dalam sistem operasi (OS) tersebut. Ajakan ini dibuka mulai 10 September lalu.

Undangan ini tidak hanya diberikan ke para pengembang iOS. Seluruh pengembang di iPadOS, watchOS, tvOS, macOS, hingga visionOS juga diundang untuk mengirimkan aplikasi baru atau pembaruan aplikasi yang sesuai dengan OS mereka.

Sebelum mengunggah aplikasi terbaru, para pengembang diminta untuk menyesuaikan aplikasi mereka dengan sistem terbaru Apple. "Pastikan aplikasi Anda memanfaatkan kemampuan terbaru pada platform Apple sehingga Anda dapat menghadirkan aplikasi inovatif."

Untuk para pengembang iOS, Apple mengajak pengguna untuk memakai versi XCode terbaru yang mencakup SDK platform Apple. Dengan menggunakan versi XCode terbaru, aplikasi yang dibuat pengembang akan terintegrasi dengan kemajuan di platform Apple.

"Semua aplikasi iOS dan iPadOS yang diunggah ke App Store Connect harus dibuat dengan minimal Xcode 15 dan iOS 17 SDK. Mulai April 2025, semua aplikasi iOS dan iPadOS yang diunggah ke App Store Connect harus dibuat dengan iOS 18 SDK," kata Apple.

Selain menggunakan Lingkungan Pengembang Terintegrasi (IDE) versi terbaru, pengembang wajib melakukan pengujian di simulator XCode. Hal ini perlu dilakukan agar pengembang bisa menemukan masalah di dalam aplikasi dan mengatasi masalahnya sebelum aplikasi dirilis.

"Uji aplikasi Anda dengan perangkat terbaru atau simulator Xcode untuk memastikan aplikasi siap memanfaatkan tampilan tepi-ke-tepi dengan mematuhi area aman, mendukung tata letak adaptif, dan banyak lagi," jelas Apple.