Bagikan:

 

JAKARTA – VLC media player, perangkat lunak yang dikembangkan oleh VideoLAN, merupakan salah satu pemutar video yang banyak digunakan. Rencananya, VLC akan tersedia dalam versi aplikasi di Vision Pro

Kabar ini muncul dari pihak VideoLAN. Dalam wawancara bersama Lowpass, dikutip 9to5mac, Presiden VideoLAN Jean-Baptiste Kempf menyatakan bahwa mereka sudah mengerjakan VLC yang kompatibel untuk perangkat canggih buatan Apple. 

Meski sudah dikembangkan, sepertinya butuh waktu lama hingga VLC tersedia di App Store. Menurut Kempf, basis pengguna VLC di Vision Pro akan sangat kecil sehingga mereka tidak memiliki motivasi untuk mengembangkan aplikasi tersebut. 

"Saya belum yakin ada kasus penggunaan apa pun," kata Kempf. Selain karena minat penggunaan aplikasinya yang sedikit, Kempf juga berpendapat bahwa jumlah orang yang menggunakan teknologi spasial tersebut masih sangat sedikit. 

Sebelum mengembangkan aplikasi asli untuk sistem visionOS, rupanya VLC sempat berencana hadir di perangkat Meta Quest. Sayangnya, rencana tersebut harus dibatalkan karena menurutnya sudah banyak pemutar video yang bagus di perangkat tersebut. 

Meski VLC belum bisa digunakan di Vision Pro, aplikasi ini tersedia di perangkat dengan sistem iOS, macOS, dan tvOS. Aplikasi ini mendukung banyak codec audio dan video sehingga bisa memutar file yang tidak bisa diputar di aplikasi lain. 

Selain mengembangkan VLC untuk Vision Pro, VideoLAN juga sedang mengerjakan VLC 4.0. Versi ini akan menghadirkan pembaruan terbesar karena VideoLAN berniat mengubah keseluruhan inti dari aplikasi tersebut.