Bagikan:

JAKARTA - OpenAI pada Selasa 5 Maret memberikan respons terhadap klaim Elon Musk bahwa startup tersebut meninggalkan misi aslinya dengan menunjukkan surel yang menunjukkan bahwa miliarder tersebut mendukung rencana mereka untuk membuat entitas berorientasi laba dan menginginkan penggabungan yang akan membuat Tesla sebagai "sapi perah"nya.

Musk, salah satu dari pendiri OpenAI, mengajukan gugatan pekan lalu, menuduh startup tersebut melanggar perjanjian awal mereka untuk mengembangkan kecerdasan buatan demi kepentingan kemanusiaan, bukan demi keuntungan, dengan bermitra dengan Microsoft.

Pendiri OpenAI lainnya termasuk Sam Altman, Greg Brockman, dan Ilya Sutskever mengatakan bahwa mereka akan bergerak untuk menolak semua klaimnya, dalam sebuah pos blog yang berisi surel yang dikirim oleh Musk.

"Kami sedih bahwa ini telah terjadi dengan seseorang yang sangat kami kagumi - seseorang yang menginspirasi kami untuk membidik lebih tinggi, kemudian memberi tahu kami bahwa kami akan gagal, memulai pesaing, dan kemudian menggugat kami ketika kami mulai membuat kemajuan nyata menuju misi OpenAI tanpa dirinya," kata mereka.

OpenAI setuju dengan entitas berorientasi laba pada tahun 2017 setelah menyadari struktur nirlaba mereka tidak akan mampu mendukung pengembangan kecerdasan buatan umum (AGI), sebuah konsep di mana mesin bisa menangani tugas seperti manusia, menurut pos tersebut.

Satu-Satunya Jalan

"Saat kami membahas struktur berorientasi laba untuk lebih memajukan misi, Elon ingin kami bergabung dengan Tesla atau dia ingin kontrol penuh," kata OpenAI. "Kami tidak bisa menyetujui syarat-syarat berorientasi laba dengan Elon karena kami merasa itu bertentangan dengan misi jika ada individu yang memiliki kontrol mutlak atas OpenAI."

"Pada awal Februari 2018, Elon meneruskan kepada kami sebuah email yang menyarankan bahwa OpenAI seharusnya 'melekat pada Tesla sebagai sapi perahnya,' dengan berkomentar bahwa itu 'tepat sekali... Tesla adalah satu-satunya jalan yang bahkan berharap bisa menyaingi Google,” ungkap OpenAI.

Surel-surat tersebut menunjukkan bahwa Musk setuju bahwa misi OpenAI tidak berarti startup tersebut akan membagikan semua teknologinya, termasuk AGI.

Dia menjawab dengan "Yup" pada surel 2016 dari Sutskever yang mengatakan bahwa "saat kami semakin dekat dengan membangun AI, akan masuk akal untuk mulai menjadi lebih tertutup," menurut surel yang diposting di blog.

Sutskever telah mengatakan bahwa misi OpenAI berarti semua orang harus mendapat manfaat dari AI, tetapi bahwa "OK" tidak membagikan ilmu pengetahuan, meskipun membagikan segalanya adalah strategi yang tepat untuk rekrutmen pada awalnya.

Musk dan Tesla tidak menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar tentang blog tersebut, tetapi Musk mengatakan di X tentang surel Sutskever, "OpenAI hidup dalam kebohongan."

Saham Tesla turun hampir 4% pada hari Rabu.

"(Musk) melihat sesuatu yang awalnya di OpenAI yang menurutnya bisa menguntungkan Tesla. Pada titik ini, gugatan tersebut tampak seperti gangguan yang sia-sia bagi misi utama Tesla," kata Craig Irwin, analis riset senior di Roth Capital.

OpenAI juga mengatakan bahwa Musk telah mendorong startup untuk lebih agresif dalam penggalangan dana, dengan CEO Tesla ingin putaran pendanaan 1 miliar dolar AS (Rp15,7 triliun) untuk startup tersebut pada tahun 2015, setelah Altman dan Brockman awalnya berencana untuk mengumpulkan 100 juta dolar AS (Rp1,5 triliun).

Secara total, nirlaba tersebut telah mengumpulkan kurang dari 45 juta dolar AS (Rp706,6 miliar) dari Musk, menurut pos blog tersebut.

Respon OpenAI mengenai pokok perkara gugatan yang diajukan pada Kamis malam di Pengadilan Tinggi California di San Francisco.

Gugatan tersebut merupakan penutup dari penentangan lama Musk terhadap startup tersebut. Sejak dia meninggalkan startup tersebut, OpenAI telah menjadi wajah AI generatif, sementara Musk melanjutkan untuk mendirikan startup AI miliknya sendiri, xAI, yang diluncurkan pada bulan Juli tahun lalu.

Beberapa ahli hukum mengatakan bahwa klaim pelanggaran kontrak Musk, berdasarkan sebagian pada email antara Musk dan Altman, mungkin tidak akan bertahan di pengadilan.