Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat melihat profil TikTok seseorang, biasanya akan muncul riwayat kunjungan Anda. Begitu pula ketika ada pengguna lain yang melihat profil Anda, maka jejak kunjunganya juga bisa Anda ketahui. Namun sebagai pengguna TikTok merasa fitur riwayat kunjungan ini justru mengganggu kenyamanan. 

Cara menonaktifkan riwayat kunjungan profil TikTok dapat menjadi solusi bagi Anda yang tidak nyaman dengan fitur riwayat kunjungan. Banyak pengguna TikTok yang tidak ingin identitasnya diketahui oleh orang lain. Adanya fitur riwayat kunjungan membuat pengguna tidak merasa bebas saat menjelajahi akun maupun konten dari pengguna lainnya. 

Jika Anda salah satu pengguna yang tidak ingin dilihat riwayat kunjungannya, maka Anda bisa menyembunyikan riwayat profil TikTok. Jadi Anda bisa bebas mengunjungi profil akun lain tanpa dikenali identitasnya. 

Cara Menonaktifkan Riwayat Kunjungan Profil TikTok

TikTok memang menyediakan fitur riwayat kunjungan profil atau ‘profil view history’ bagi penggunanya. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengetahui siapa saja akun yang melihat atau mengunjungi profil mereka. Namun jika Anda merasa tidak nyaman atau terganggu dengan fitur ini, Anda bisa menonaktifkannya. 

Cara menonaktifkan fitur riwayat kunjungan bisa dilakukan melalui menu pengaturan dan halaman riwayat profil. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

Cara Menonaktifkan Riwayat Kunjungan Profil TikTok melalui Pengaturan

Berikut ini cara menonaktifkan riwayat kunjungan profil TikTok lewat menu pengaturan:

Silakan buka aplikasi TikTok versi terbaru di ponsel Anda.

  1. Kemudian pilih menu “Profil” yang berada di bagian kanan bawah.
  2. Klik ikon menu 3 garis di kanan atas untuk membuka pengaturan.
  3. Pilih “Pengaturan dan Privasi”.
  4. Lalu klik  “Privasi”, kemudian klik “Kunjungan profil”.
  5. Sentuhlah tombol geser di samping “Riwayat kunjungan profil” untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fiturnya.
  6. Untuk menyembunyikan riwayat kunjungan profil, nonaktifkan tombol geser sehingga menjadi tidak hidup. Jika sudah dinonaktifkan maka akun pengguna tidak akan terlihat saat mengunjungi akun lain.

Cara Menonaktifkan Riwayat Kunjungan Profil TikTok melalui Halaman Kunjungan Profil

Cara ini bisa dilakukan dengan membuka halaman kunjungan profil pada bagian kotak masuk notifikasi. Berikut ini langkah-langkah menonaktifkan riwayat kunjungan profil TikTok yang bisa Anda ikuti:

  1. Silakan buka aplikasi TikTok versi terbaru pada ponsel Anda.
  2. Kemudian pilih menu “Kotak Masuk” di bagian bawah layar.
  3. Buka notifikasi yang memberitahukan bahwa seseorang mengunjungi profil Anda.
  4. Kemudian halaman “Kunjungan profil”, ketuk ikon roda Pengaturan di sisi kanan atas.
  5. Ketuk tombol geser di samping Riwayat kunjungan profil untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.
  6. Untuk menyembunyikan riwayat kunjungan profil, nonaktifkan tombol geser menjadi terlihat tidak hidup atau mati. Jika sudah nonaktif maka pengguna tidak akan terlihat saat mengunjungi akun lain.

Cara Mengubah Akun TikTok Menjadi Privat

TikTok juga menyediakan fitur mode privat untuk pengguna yang ingin lebih menjaga privasinya. Dengan mengaktifkan mode privat, hanya pengguna lain yang berteman dengan Anda yang bisa melihat postingan dan mengikuti aktivitas akun TikTok Anda. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan tingkat privasi yang lebih tinggi, sebaiknya aktifkan fitur ini pada akun Anda. Berikut ini langkah-langkah mengubah akun TikTok menjadi privat:

  1. Silakan buka aplikasi TikTok versi terbaru pada ponsel Anda.
  2. Kemudia pilih menu “Profil” di bagian kanan bawah layar.
  3. Lalu klik ikon 3-garis di kanan atas untuk masuk ke menu pengaturan.
  4. Klik “Pengaturan dan Privasi”.
  5. Kemudian buka menu Privasi.
  6. Di bagian menu ini, Anda bisa memilih opsi untuk mengaktifkan atau mengnonaktifkan mode akun Privat.

Demikianlah cara menonaktifkan riwayat kunjungan profil TikTok supaya jejak kunjungan Anda tidak terlihat. Dengan menonaktifkan fitur tersebut, Anda bisa menjelajahi banyak akun tanpa khawatir identitas akun Anda diketahui. Baca juga cara mencairkan gift TikTok menjadi uang tunai

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.