Bagikan:

JAKARTA - Menurut survei yang dilakukan Viberate, sebuah perusahaan data musik, Soundcloud merupakan platform yang kemungkinan besar menampilkan musik-musik yang tidak dimiliki layanan streaming lainnya. 

Dari penelitian yang melibatkan 125 profesional industri musik ini, 77,7 persen di antaranya adalah manajer label atau A&R, dan sisanya sebagian besar adalah manajer artis, agen pemesanan, pemasar digital, atau distributor.

Survei menunjukkan bahwa 51 persen Artist and Repertoire (A&R) mengatakan bahwa mereka telah menemukan artis baru di SoundCloud yang kemudian sukses secara komersial.

Meskipun Spotify, YouTube, dan SoundCloud dinilai paling penting untuk penemuan bakat, data menunjukkan bahwa penemuan awal kemungkinan besar terjadi di SoundCloud.

Laporan ini muncul setelah Grammy Awards Tahunan ke-66, di mana 6 dari 8 nominasi Artis Pendatang Baru Terbaik juga merupakan artis SoundCloud Next Pro. 

Nominasi Artis Pendatang Baru Terbaik 2024 dan artis SoundCloud Next Pro Fred Again, mengunggah lagu pertamanya di SoundCloud pada tahun 2019 dan berkomunikasi dengan penggemar melalui komentar SoundCloud untuk terhubung langsung dan memanfaatkan masukan dari penggemar. 

Selain itu, sebagian besar artis nominasi Grammy memulai perjalanan mereka di SoundCloud, dengan bintang global seperti Billie Eilish menyatakan “SoundCloud adalah satu-satunya alasan saya menjadi apa pun.”

Ada juga Doja Cat yang menyatakan “Saya selalu tahu saya ingin menghibur orang-orang sepanjang hidup saya, saya hanya tidak tahu persis bagaimana saya akan melakukannya sampai saya berusia 16 tahun dan semuanya berkembang di SoundCloud.”

“Sebagai satu-satunya tujuan dalam skala besar yang memfasilitasi hubungan langsung antara artis dan penggemar, SoundCloud memiliki posisi unik untuk berinovasi, menciptakan, dan mendorong penemuan baru, monetisasi, dan model fandom demi kemajuan artis dan industri,” tulis SoundCloud dalam pernyataannya.