Bagikan:

JAKARTA - Reaktor nuklir Joint European Torus (JET) di Culham, Oxfordshire, berhasil mencatatkan rekor dunia dengan melepaskan total energi sebesar 69 megajoule dalam waktu lima detik. Hal ini, menjadikannya salah satu pencapaian terbesar dalam lebih dari 40 tahun sejarahnya. Meskipun tidak menghasilkan output energi yang besar, pencapaian ini menjanjikan masa depan yang cerah bagi energi nuklir untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga.

JET, yang dibangun pada akhir 1970-an, mengandung plasma yang berputar dipanaskan hingga 150 juta kelvin, 10 kali lebih panas dari pusat matahari. Pada suhu tersebut, atom-atom hidrogen bergabung menjadi helium, melepaskan energi yang berkelanjutan dalam proses yang dapat mengakhiri penggunaan bahan bakar fosil.

Fusi nuklir melibatkan penempatan atom-atom hidrogen di bawah suhu dan tekanan tinggi hingga mereka menyatu menjadi atom helium yang lebih berat. Ketika inti-inti deuterium dan tritium - yang dapat ditemukan dalam hidrogen - bersatu, mereka membentuk inti helium, sebuah neutron, dan banyak energi.

JET telah beroperasi sejak tahun 1983 tetapi sekarang akan dimensi dan decommissioned setelah menyelesaikan operasi ilmiahnya pada akhir Desember. Fasilitas Britania, yang dikatakan membutuhkan biaya 20-30 juta pound per tahun untuk dioperasikan, dipandang sebagai pendahulu dari International Thermonuclear Experimental Reactor (ITER) senilai 22.5 miliar dolar AS (Rp350,5 triliun) yang sedang dibangun di Prancis.

“JET telah beroperasi mendekati kondisi pembangkit listrik yang mungkin dengan fasilitas yang ada saat ini,” kata Sir Ian Chapman, CEO UK Atomic Energy Authority. “Warisannya akan meresap dalam semua pembangkit listrik masa depan. Ini memiliki peran kritis dalam membawa kita lebih dekat ke masa depan yang aman dan berkelanjutan.”

Pabrik listrik fusi dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor pembangkit listrik, dengan beralih dari penggunaan bahan bakar fosil seperti batubara dan gas. Jika percobaan fusi nuklir dapat dimanfaatkan dalam skala yang jauh lebih besar, reaktor yang lebih panas dari apa pun di tata surya akan menyediakan energi bersih tanpa batas.

JET adalah fasilitas penelitian yang dibangun untuk menunjukkan potensi menjanjikan dari fusi nuklir untuk menghasilkan listrik. Tetapi bisa menjadi pendahulu dari pembangkit listrik tenaga fusi nuklir di seluruh dunia yang menyediakan daya langsung ke grid dan listrik untuk rumah tangga.

Fusi berbeda dari fisi (teknik yang saat ini digunakan dalam pembangkit listrik nuklir), karena yang pertama menggabungkan dua inti atom daripada memecah satu inti (fisi). Tidak seperti fisi, fusi tidak membawa risiko kecelakaan nuklir yang berpotensi berbahaya - seperti yang terjadi di Fukushima, Jepang pada tahun 2011 - dan menghasilkan limbah radioaktif yang jauh lebih sedikit daripada pembangkit listrik saat ini.

Dengan pencapaian terbaru JET, dunia semakin dekat dengan masa depan yang dapat menggantikan sumber energi konvensional dengan sumber energi bersih dan berkelanjutan.