Presiden AS Joe Biden Tanpa Sengaja Menjadi Duta Bitcoin dengan Posting Foto Mata Berlaser
Presiden AS Joe Biden tampil dengan foto mata berlaser. (foto: x @JoeBiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden secara tidak sengaja telah menjadi duta Bitcoin setelah memposting foto dirinya yang dihiasi dengan laser-eye pada profil X dan Instagramnya. Dengan keterangan "just like we drew it up," postingan tersebut merujuk pada kemenangan Kansas City Chiefs atas San Fransico 49ers dalam Super Bowl 2024.

Meskipun banyak penggemar kripto awalnya mengira itu adalah referensi langsung atau dukungan terhadap Bitcoin, foto profil laser-eye baru Biden menggunakan meme "Dark Brandon" untuk merujuk kepada teori konspirasi bahwa Super Bowl akan direkayasa untuk memastikan tim Travis Kelce, kekasih bintang pop Taylor Swift, akan menang sehingga bintang pop tersebut bisa mendukung Biden untuk presiden.

Tim media sosial presiden sebelumnya telah merangkul meme Dark Brandon sebagai cara untuk membuat Biden yang menua terlihat keren dan berani. Postingan tersebut melihat akun Biden bercanda bahwa dia benar-benar merencanakan kemenangan tim tersebut.

Crypto X cepat bereaksi terhadap meme tersebut. Bankless bertanya apa arti dari postingan tersebut untuk grafik ETH/BTC, sementara pengguna X bernama WhalePanda secara tidak langsung menuduh Biden melakukan "apropiasi budaya."

Perlu dicatat bahwa presiden tidak memberikan dukungan terhadap kebijakan yang condong mendukung Bitcoin atau cryptocurrency secara lebih luas, membuat sangat tidak mungkin bagi Biden untuk memposting dukungan terhadap aset kripto tertentu.

Menurut organisasi advokasi nirlaba Coinbase, Stand with Crypto, Biden terdaftar sebagai "menentang kripto," dengan lima pernyataan publik yang condong pada sikap negatif terhadap aset digital.

Fenomena laser eyes — biasanya digunakan sebagai simbol untuk menunjukkan pandangan optimis terhadap Bitcoin — dimulai sebagai bagian dari gerakan di media sosial untuk mendorong harga Bitcoin mencapai 100.000 dolar AS (Rp 1,56 miliar) pada akhir 2021, sebuah tujuan yang tidak tercapai.

Tokoh-tokoh terkenal dengan mata berlaser-eye termasuk bintang NFL Tom Brady, Paris Hilton, dan Elon Musk.

Sementara Biden memberikan isyarat yang tampaknya tidak sengaja kepada Bitcoin, CEO Block — sebelumnya Square — Jack Dorsey terlihat di tribun Super Bowl dengan referensi yang jauh lebih langsung kepada aset digital tersebut.

Dorsey terlihat mengenakan kaos Satoshi yang didesain dengan gaya serupa dengan serangkaian kaos Nirvana populer, menampilkan wajah tersenyum yang digunakan dalam desain konsep album Nevermind mereka tahun 1991.