Terobosan Fisika: Reaksi Fusi Nuklir Melebihi Konsumsi Energi, Membuka Jalan Menuju Energi Berlimpah
Ilustrasi fusi nuklir (foto: x @lacittanews)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 5 Desember 2022, tim peneliti di National Ignition Facility (NIF) Amerika Serikat di California mencatat data yang menunjukkan bahwa mereka telah berhasil mencapai reaksi fusi nuklir yang menciptakan lebih banyak energi daripada yang diperlukan untuk memproduksinya. Hasil yang dilaporkan adalah yang pertama kali dalam jenisnya.

Dalam dunia fisika, hal ini kadang-kadang secara kiasan disebut sebagai "makan siang gratis," yang berarti reaktor fusi nuklir suatu hari nanti dapat ditingkatkan hingga mencapai titik di mana ia mampu menghasilkan energi yang hampir tidak terbatas.

Jika hasil yang dilaporkan oleh tim NIF benar, penelitian terobosan mereka dapat menjadi platform untuk teknologi masa depan yang mungkin membantu kita menghilangkan ketergantungan kita pada energi karbon dan meningkatkan bidang-bidang di mana kelangkaan energi menjadi hambatan, seperti kecerdasan buatan (AI) dan komputasi kuantum.

Namun, seperti yang disampaikan oleh komunikator sains Carl Sagan, "Tuntutan luar biasa membutuhkan bukti yang luar biasa." Kabar tentang terobosan ini diterima dengan optimisme sekaligus keraguan oleh komunitas fisika. Konsensus umum, pada saat itu, adalah bahwa orang harus menunggu hingga melalui tinjauan oleh rekan sejawat sebelum bersorak "eureka!" atas temuan tersebut.

Waktunya bersorak?

Tinjauan oleh rekan sejawat telah dilakukan, dan menurut laporan dalam jurnal fisika APA, beberapa tim telah mengonfirmasi dan mereplikasi hasil tersebut.

Namun, pembuatan ulang eksperimen bukanlah hal yang mudah. Untuk mencapai reaksi fusi asli, ilmuwan NIF menggunakan teknik yang disebut fusi pemantulan inersia. Bentuk fusi ini melibatkan pengeboman atom hidrogen berat dengan hampir 200 laser, menyebabkannya memanas secara super dan, pada akhirnya, berfusi pada tekanan yang lebih besar dari yang ditemukan dalam matahari.

Sementara pekerjaan awal ini baru saja dikonfirmasi melalui tinjauan oleh rekan sejawat, perangkat NIF dapat berfungsi sebagai platform di mana reaktor fusi praktis dapat dibangun. Saat ini masih terlalu dini untuk memprediksi kapan reaktor fusi yang layak dapat dicapai.

Energi Generasi Berikutnya

Namun, begitu tercapai, ketersediaan bebas sumber energi generasi berikutnya dapat mempercepat pengembangan teknologi sekitar seperti AI dan komputasi kuantum. Bidang-bidang seperti itu, di mana hambatan energi dipandang sebagai rintangan besar berikutnya untuk diatasi, dapat melihat lonjakan kemajuan generasi setelah rintangan-rintangan tersebut dihilangkan.

CEO OpenAI Sam Altman mengatakan tidak mungkin membangun sistem AI masa depan sampai ada terobosan energi fusi. Kemungkinan besar karya dari tim NIF dapat menjadi langkah pertama yang dikonfirmasi menuju teknologi terobosan tersebut.

OpenAI mungkin berada dalam posisi terbaik untuk memahami kebutuhan energi yang diperlukan untuk melatih sistem seperti ChatGPT, tetapi perlu dicatat bahwa Altman secara pribadi memiliki investasi di sebuah perusahaan swasta yang bekerja pada fusi.