Ilmuwan Iklim Israel Kembangkan "Payung" Raksasa untuk Menyaring Sinar Matahari dan Mengatasi Pemanasan Global
Ilustrasi "Payung" Raksasa untuk menyaring sinar matahari dan mengatasi pemanasan global (foto: dailymail.co.uk)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah startup teknologi di Israel tengah mengembangkan gagasan gila untuk mengurangi efek pemanasan global di Bumi dengan menciptakan "payung" raksasa seukuran Argentina yang akan memblokir sinar matahari.

Ide ini berasal dari para peneliti Israel yang percaya bahwa "payung" seluas satu juta mil persegi ini dapat menurunkan suhu Bumi sebesar 2,7 derajat Fahrenheit dalam dua tahun.

Tim di Institut Teknologi Israel, Technion, sedang mencari dana hingga 20 juta dolar AS (Rp315,5 miliar) untuk membuat prototipe dengan luas 100 kaki persegi, yang mereka katakan dapat terwujud pada tahun 2027.

"Payung " tersebut akan berada lebih dari sembilan juta mil dari Bumi dan bergerak melalui ruang angkasa dengan membuka dan menutup lapisan penahan.

Meskipun para peneliti mendorong proposal ini, para kritikus mengatakan bahwa biaya untuk "megastruktur" tersebut akan sangat besar - desain Israel diperkirakan akan mencapai triliunan.

Proyek tersebut, yang disebut Cool Earth, akan membutuhkan payung seluas 2,5 juta mil persegi, tetapi karena ukurannya, tim tersebut mengatakan harus meluncurkan serangkaian payung yang lebih kecil.

"Satelit pendemo akan melakukan pergerakan variabel menuju matahari dan kembali ke bumi, dengan mengendalikan layar penahan," kata tim tersebut di situs webnya.

Meskipun payung matahari tersebut dapat mengurangi pemanasan saat strategi lain untuk mengatasi perubahan iklim sedang dikejar, beberapa ahli percaya bahwa usaha ini sia-sia.

Susanne Baur, seorang kandidat doktoral di European Center for Research and Advanced Training in Scientific Computation di Prancis, mengatakan bahwa payung raksasa itu akan "menghabiskan biaya yang sangat besar dan tidak dapat diimplementasikan tepat waktu."

Selain biaya, badai matahari atau asteroid bisa merusak perisai tersebut, "menyebabkan pemanasan tiba-tiba dan cepat dengan konsekuensi yang sangat buruk."

Baur melanjutkan untuk menjelaskan bahwa triliunan dolar yang dibutuhkan untuk payung matahari itu dapat digunakan lebih baik untuk mengurangi emisi di Bumi dan menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer.

Meskipun demikian, Morgan Goodwin, direktur eksekutif dari Yayasan Payung Planet, sebuah organisasi nirlaba, mengatakan bahwa payung tersebut adalah kemungkinan di masa depan karena biaya perjalanan antariksa yang semakin murah.

"Kami berpikir bahwa ketika gagasan tentang payung matahari menjadi lebih dipahami oleh para ahli iklim, itu akan menjadi bagian yang cukup jelas dari diskusi," kata Goodwin, yang juga direktur senior dari chapter Angeles dari Sierra Club.